Berdayakan UMKM dan Pedagang Melalui Festival Pasar Rakyat 2021

Berdayakan UMKM dan Pedagang Melalui Festival Pasar Rakyat 2021

Jakarta-Adira Finance yang telah hadir selama lebih dari tiga dekade di Indonesia menggelar Festival Pasar Rakyat 2021, sebagai program corporate social responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia. Membawasemangat #TumbuhBersamaSahabat, penyelenggaraan Festival Pasar Rakyat 2021 menjadi motivasi kepada pedagang pasarrakyat, agar dapat tumbuh secara berkelanjutan. 

Program ini sejalan dengan visi "Menciptakan Nilai Bersamauntuk Meningkatkan Kesejahteraan,” di mana saat ini Adira Finance melayani dua juta pelanggan di seluruh Indonesia,dengan sekitar 50% di antaranya berasal dari sektor informal, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Sebagai Sahabat bagi UMKM, kami berkomitmenmembangun hubungan jangka panjang dengan parapelanggan dan mitra usaha kami, agar makin mandiri dan mampu berkembang dengan baik. Dan untuk mendukunghal tersebut salah satunya dengan menggelar Festival PasarRakyat 2021,” jelas Niko Kurniawan Bonggowarsito, DirekturPenjualan, Pelayanan dan Distribusi Adira Finance.

Selama pandemi, yang berjalan hampir dua tahun ini, secara ekonomi sektor UMKM menjadi salah satu yang terdampak.Berdasarkan data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), pada 2021 sekitar lima juta pedagang atau 43% dari jumlahtotal pedagang di Indonesia, sulit berjualan akibat sepinyapembeli.

Festival Pasar Rakyat 2021 adalah wujud upaya Adira Finance untuk mengembangkan pasar rakyat agar menjadi ruang publikyang kreatif melalui rangkaian kegiatan yang dilakukan secara hybrid, diantaranya workshop untuk pengembangan usahapedagang, memperkenalkan fitur Belanja Halal pada aplikasiTitipku, piloting Pasar Rakyat Corner di kantor cabang AdiraFinance, serta aktivitas hiburan berupa Lomba CerdasCermat di pasar, dan Lomba Foto “Sahabat Lokal di PasarRakyat” yang dapat diikuti seluruh masyarakat di Indonesia.

Kegiatan Festival Pasar Rakyat 2021 akan berlangsung di 5 pasar, mulai dari Pasar Muara Karang, Jakarta Utara pada 1 Desember 2021; Pasar Fresh Market Bintaro, Tangerang Selatan, Banten pada 2 Desember 2021; Pasar Modern Sinpasa, Bekasi, Jawa Barat pada8 Desember 2021; Pasar Grand Galaxy, Bekasi, Jawa Barat pada 16 Desember 2021; dan terakhir di Pasar Sukatani, Cimanggis, Jawa Barat, pada 21 Desember 2021.

Dalam menggelar Festival Pasar Rakyat 2021, Adira Finance berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti marketplace Titipku dan RCTI+ selaku media partner. Tidak hanya itu, kegiatan yang yang diselenggarakan dari Desember 2021 hingga Januari 2022 ini, juga didukung antara lain oleh Adira Finance Syariah, Zurich Syariah dan Gerakan Pakai Masker (GPM).

Berkolaborasi dengan Titipku, kegiatan Workshop untuk Pengembangan Usaha Pedagang Pasar Rakyat meningkatkanpemahaman para pedagang melalui pelatihan dan bimbingan kepada agar usahanya dapat tumbuh melalui adaptasi teknologi digital, serta disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pelatihan ini meliputi cara membangun usaha secara digital, literasi keuangansyariah, serta pengenalan Kemitraan Berdaya (Keday) atau agenAXI.

Titipku merupakan sebuah aplikasi mobile yang bertujuan membantu UMKM, khususnya pedagang pasar rakyat, untuk bertemu dengan pelanggan secara digital. Pelanggan akanmendapatkan pelayanan dari Jatiper (personal shopper) dalam membeli kebutuhannya di pasar rakyat.

“Data pada platform aplikasi Titipku menunjukkan terjadinya peningkatan omzet pedagang sebesar 20-50% secara bertahap, setelah mereka memutuskan untuk berjualan melalui aplikasionline,” jelas Henri Suhardja, CEO Titipku.

Pada aplikasi Titipku, Adira Finance Syariah juga memperkenalkan fitur Belanja Halal, sebagai fitur kepada pelanggan yang inginmembeli produk sesuai prinsip syariah.

Selain workshop, terdapat lomba Cerdas Cermat yang dapat diikuti para pedagang pasar rakyat, sebagai aktivitas hiburan kepada para pedagang di tengah pasar rakyat. Masyarakat umum juga dapatmeramaikan Festival Pasar Rakyat melalui Lomba Fotografi Sahabat Lokal, dan mengabadikan beragam kegiatan di pasar rakyat yang informasi lengkapnya dapat dilihat di http://adira.id/FPR2021-1

“Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Adira Finance dalam mendukung keberadaan pasar rakyat. Kolaborasi antara RCTI+ danAdira Finance ini diharapkan dapat membawa pesan menjadikan pasar rakyat sebagai ruang publik kreatif dapat tersampaikan lebihluas kepada masyarakat,” ujar Tantan Sumartana, Sales & Marketing Director MNC Media (Digital & Non-Digital).

Untuk memperkenalkan pasar rakyat yang dapat diakses secaraonline, Adira Finance melakukan piloting Pasar Rakyat Corner diempat kantor cabang pilihan, yaitu di Kantor Cabang Jaksel 1 - Tebet, Kantor Cabang Alam Sutera, Kantor Cabang Cimanggis, dan Kantor Cabang Bekasi 4 - Harapan Indah. Melalui PasarRakyat Corner, pelanggan dapat berbelanja ke pasar rakyat ketika mengunjungi di kantor cabang Adira Finance. 

“Festival Pasar Rakyat diharapkan menjadi motivasi agar para pelaku UMKM, khususnya ekosistem pasar rakyat, dapat menjadi kuat secara digital, mandiri, mampu ,berinovasi, serta dapat tumbuh dan terus maju dengansemangat #TumbuhBersamaSahabat,” tutup Niko Kurniawan.

 

Okantara
Author : Okantara

Sudah melang melintang di dunia media dari lulus kuliah. IB Okantara adalah salah satu founder dari Kabardewata.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait