Paritrana Award Ajang Penghargaan kepada Pelaku Usaha dan Pemda Dukunganya Terhadap Jamsostek

Paritrana Award Ajang Penghargaan kepada Pelaku Usaha dan Pemda  Dukunganya Terhadap Jamsostek

Kepala  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Papua (Banuspa Kuncoro Budi Winarno menyebutkan Paritrana Award merupakan ajang penghargaan kepada seluruh pelaku usaha dan pemerintah daerah (Pemda) yang memberikan dukungan terbaik bagi pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan.

“Pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan penting untuk dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, karena merupakan mandat konstitusi dan Undang-Undang (UU) yang menjadi program strategis negara untuk mendukung ketahanan nasional,” ujar Kuncoro.

Kuncoro mengatakan, Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan dan Inpres Nomor 5 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

“Dalam Inpres ini, jaminan sosial ketenagakerjaan berfungsi untuk peningkatan kesejahteraan, mengurangi dan mencegah kemiskinan baru dan menjamin keberlangsungan pendidikan bagi generasi penerus bangsa, karena ada manfaat beasiswa yang diberikan kepada anak ahli waris,” jelas Kuncoro.

Kuncoro menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan Papua Barat Daya karena telah memberikan dukungan yang sangat luar biasa bagi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan menerbitkan regulasi.

Sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan menggelar kegiatan Penganugerahan ritrana Award Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya di Aimas Hotel and Convention Center, Selasa (16/07/2024). 

 Paritrana Award merupakan ajang penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI kepada pemerintah provinsi/kabupaten/kota dan pelaku usaha yang meliputi perusahaan skala besar, menengah, usaha sektor layanan publik, dan usaha mikro yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan

Dalam ajang bergengsi tersebut, pemenang untuk kategori Pemerintah Daerah Juara 1 Kabupaten Raja Ampat, Juara 2 Kbupaten Sorong, Juara 3 Kota Sorong. Sedangkan Kategori Pemerintah Desa/Kampung yang menjadi juara Kampung Magatarum Distrik Malabotom Kabupaten Sorong. Kategori Badan Usaha Sektor Pendidikan dijuarai oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong

Kategori Badan Usaha Sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan yang menjadi juara Yellu Mutiara. Kategori Badan Usaha Sektor Perdagangan dan Jasa yang juara Papua Sejahtera. Kategcri UMKM yang meraih juara Gloria Bread and Cake.

Sementara itu, di Provinsi Papua Barat yang menjadi juara yaitu untuk Kategori Pemerintah Daerah Juara 1 Kabupaten Manokwari, Juara 2 Kabupaten Kaimana, Juara 3 Kabupaten Manokwari Selatan. Sedangkan Sektor Keuangan yang menjadi juara KSP Sumber Rejeki Doreri. Sektor Perdagangan dan Jasa dijuarai oleh Hadi Supermarket. Sektor Pertambangan Manufaktur dan Konstruksi yang menjadi juara SDIC Papua Cement Indonesia. Sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan yang juara Medco Papua Hijau Selaras. Sektor Pendidikan yang menjadi juara STT Erikson Tritt Manokwari.

Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan santunan kepada sejumlah ahli waris, penandatangan kerja sama Pemprov Papua Barat- Pemprov Papua Barat Daya dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk rnelindungi pekerja rentan, dan launching perlindungan pekerja keagamaan Provinsi Papua Barat Daya.

Okantara
Author : Okantara

Sudah melang melintang di dunia media dari lulus kuliah. IB Okantara adalah salah satu founder dari Kabardewata.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait