Kabardewata.com

Ekonomi

OPTIMALKAN PELAYANAN, BPJS KETENAGAKERJAAN GIANYAR GELAR GATHERING BERSAMA PLKK

Kategori Ekonomi, September 30, 2018, Dilihat sebanyak 92 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bali – Sebanyak 30 instansi mitra BPJS Ketenagakerjaan Instansi-instansi tersebut terdaftar sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) yang terdiri dari rumah sakit, puskesmas, dan klinik, pada Sabtu (29/9) menghadiri acara gathering yang diadakan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gianyar. Instansi-instansi tersebut merupakan yang berada di kawasan Gianyar, Bangli, Klungkung dan Karangasem. 

PLKK sendiri merupakan Pusat Pelayanan dan Penanggulangan kecelakaan kerja di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan pelayanan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja.

Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gianyar, I Gde Wayan Suntawinaya Kasyawirsa, menyampaikan dalam sambutannya bahwa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memperkuat hubungan kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan para penyedia faskes.

“Tujuan utama kami menyelenggarakan kegiatan ini untuk memberikan pelayanan prima dan membangun hubungan emosional. Karena sebagai partner kerja tentu ini sangat diperlukan untuk menjalankan program-program kedepannya.” Ujar Wayan.

Penguatan ini diperlukan sebagai upaya optimalisasi pelayanan terhadap para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. Sehingga kedepannya diharapkan para peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat merasakan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja yang merupakan hak dasar setiap pekerja untuk terlindung dari resiko sosial.

Kegiatan yang digelar di Bali Camping Ubud Camp ini dikemas dengan santai. Tidak hanya memberikan pemahaman dan penyegaran program-program melalui sosialisasi, namun juga diselingi dengan games-games team building yang bertujuan untuk membangun komunikasi yang efektif antar instansi.

Karena untuk menjalankan program Jaminan Kecelakaan Kerja ini, BPJS Ketenagakerjaan membutuhkan dukungan dengan para stake holder dalam memberikan pelayanan yang prima dan optimal.

Dalam kegiatan tersebut BPJS Ketenagakerjaan juga menyampaikan pentingnya dukungan untuk program Return to Work. Yakni program yang difokuskan untuk mendukung tenaga kerja yang menyandang cacat akibat kecelakaan kerja. Setiap penyandang cacat juga berhak memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak dan kesamaan kesempatan mendapatkan pekerjaan.

Harapannya kegiatan ini dapat dilakukan berkala setiap tahun. Mengingat pentingnya untuk terus membangun komunikasi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan rumah sakit, puskesmas, dan penyedia fasilitas kesehatan.

Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, tim pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gianyar segera melakukan kunjungan ke masing-masing rumah sakit, klinik, maupun puskesmas untuk melakukan koordinasi terkait teknis dalam pemberian pelayanan terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja. 

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image