Kabardewata.com

Wujudkan Green Tourism, ITDC Dukung Pemanfaatan Electric Vehicle 

Kategori , December 28, 2020, Dilihat sebanyak 52 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Nusa Dua-PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, berkomitmen mewujudkan green & sustainable tourism di setiap destinasi wisata yang dikelolanya melalui penggunaan teknologi dan sumber daya yang ramah lingkungan. 

Salah satu wujud komitmen ini adalah dengan mendukung pemanfaatan Electric Vehicle yang minim polusi dan lebih ramah lingkungan.Untuk itu, pada hari ini, Senin (28/12/2020) ITDC menerima 12 (dua belas) unit 2-Wheel Electric Vehicle (2WEV)/kendaraan elektrik dengan baterai dari PT HPP Energy Indonesia (HEIN), perusahaan yang bergerak di bidang kegiatan jasa penunjang tenaga listrik dengan menyediakan sistem pendistribusian baterai dimana HEIN merupakan Konsorsium dari Group Honda, Panasonic dan Pasific Consultant.

Pelaksanaan serah terima dilakukan di Command Center, The Nusa Dua, Bali dan dihadiri oleh Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, dan Direktur Utama HEIN Hisashi Murakami beserta jajaran manajemen.

Serah terima 12 unit 2WEV ini merupakan tindaklanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerjasama Uji Coba EV antara ITDC dengan HEIN pada tanggal  1 Desember 2020 lalu.

Berdasarkan Perjanjian Kerjasama Uji Coba tersebut, HEIN akan menyediakan 12 unit 2WEV dan menyiapkan 2 unit BATTERY EXCHANGER (BEx) untuk The Nusa Dua selama periode perjanjian yang berakhir pada Juni 2021, sementara ITDC akan membantu HEIN mengumpulkan data yang diperlukan selama uji coba produk HEIN ini.  BATTERY EXCHANGER (BEx) merupakan anjungan untuk menukarkan baterai yang telah habis dayanya dengan baterai yang sudah terisi penuh.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, “Kami sangat mendukung implementasi program kendaraan listrik ini karena sejalan dengan komitmen ITDC untuk mewujudkan sustainable tourism. Untuk tahap awal, kerjasama berupa uji coba 12 unit 2-Wheel Electric Vehicle (2WEV) ini akan dimanfaatkan sebagai kendaraan operasional bagi karyawan dan tenant di Kawasan The Nusa Dua, dengan 2 lokasi BEx yang berada di depan Kantor ITDC serta Kantor Security, Safety and Fire Brigade The Nusa Dua,"ujarnya di Nusa Dua.

Kerjasama ini juga merupakan wujud dukungan ITDC atas Peraturan Presiden RI Nomor. 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk transportasi Jalan serta Peraturan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih. Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Jepang dalam rangka memperkuat kerjasama di bidang energi.

Direktur Utama PT HPP Energy Indonesia, Hisashi Murakami menyampaikan, “ITDC sebagai partner kerjasama akan membantu penelitian HEIN untuk pengembangan teknologi transportasi masa depan. HEIN menyediakan 12 unit 2-Wheel Electric Vehicle (2WEV) kepada ITDC  selama jangka waktu perjanjian sebagai sarana pengumpulan data yang mendukung penelitian HEIN di bidang penggunaan kendaraan tenaga listrik,"paparnya.

Kendaraan roda dua menggunakan baterai yang diserahkan ke ITDC ini memiliki spesifikasi antara lain jarak tempuh sejauh 69km pada kecepatan 40 km/jam, Max Torque: 18.0N.m, Max Power: 4.2 kW yang ditenagai oleh dua baterai lithium Ion berkapasitas 50.4V.

“Kami berharap dengan pemanfaatan Electric Vehicle dalam kawasan ini dapat menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali Energi Bersih.  Selain itu, sudah saatnya kita mendukung pariwisata era adaptasi kebiasaan baru melalui implementasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) dalam mewujudkan The Nusa Dua sebagai destinasi pariwisata berkualitas yang lebih bersih, aman, dan nyaman sehingga dapat menjadi tambahan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung,“ tambah Ardita. 

Pemanfaatan kendaraan elektrik yang ramah lingkungan di kawasan The Nusa Dua akan semakin memperkuat positioning kawasan sebagai destinasi pariwisata yang menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism.  

 

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image