Tuntaskan Kemiskinan, Bali Dorong Sinergi Gerbangsadu dan Gerakan Desa Semesta

Tuntaskan Kemiskinan, Bali Dorong Sinergi Gerbangsadu dan Gerakan Desa Semesta

Guna mempercepat penuntasan kemiskinan di Daerah Bali, Wagub Ketut Sudikerta mendorong terbangunnya sinergi yang lebih efektif antara program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) Mandara dan Gerakan Desa Semesta yang merupakan program luncuran pemerintah pusat. Harapan itu disampaikan disela-seka  Kerja Program SAPA (Strategic Alliance for Poverty Alleviation) Regional Wilayah Bali Tahun 2015 di Kantot Ruang Rapat Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Bali, Denpasar. 

Lebih jauh Wagub Sudikerta memaparkan, Gerbangsadu Mandara merupakan sebuah terobosan Pemprov Bali dalam mempercepat upaya pengentasan kemiskinan. Melalui program ini, masyarakat pedesaan dipacu untuk  membangun  secara mandiri dan partisipatif yang mencakup pembangunan infrastruktur pedesaan skala kecil serta pengembangan usaha ekonomi produktif. Kesuksesan program ini, kata Wagub, sangat tergantung dari peran aktif masyarakat yang dimotori kepala desa setempat. 

Untuk itu, dalam arahannya Sudikerta berharap para kepala desa bekerja dengan kesungguhan hati. Dia menyambut positif program Gerakan Desa Semesta yang diluncurkan pemerintah pusat. Wagub optimis, sinergi dua program ini mampu mempercepat upaya penuntasan kemiskinan di Pulau Dewata.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wahnarno Hadi menyampaikan, Gerakan Desa Semesta merupakan satu dari sembilan agenda prioritas yang tertuang dalam Nawa Cita. 

Gerakan Desa Semesta difokuskan untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Program ini akan ditujukan bagi pengentasan 5.000 desa tertinggal dan pembangunan 2.000 desa mandiri. Khusus untuk Bali, Gerakan Desa Semesta akan dilaksanakan di enam desa (5 desa di  Bangli dan 1 desa di Buleleng,red). Untuk menyukseskan program ini, Wahnarno Hadi sangat mengharapkan dukungan forum TKPKD (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah) Provinsi Bali. 



Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image