Kabardewata.com

Status Aman, Kemenhub Tak siapkan Antisipasi Letusan Gunung Raung

Kategori , July 09, 2015, Dilihat sebanyak 125 kali, Post oleh Rusadi Nata


Bukan menjadi harapan semua warga jika Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur meletus saat musim mudik lebaran 1436 H. Hanya saja, untuk mengantisipasi akan kejadian tersebut, sejumlah instansi menyatakan perlu melakukan persiapan dan kesiapsiagaan pasca bencana. Jika Angkasa Pura I yang membawahi 13 bandara di Indonesia menyatakan sudah memperhitungkan dan menyiapkan antisipasi. Hanya saja Menteru Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan bahwa Menhub belum melakukan persiapan khusus.

Jonan menjelaskan, Menhub saat ini baru melakukan koordinasi dengan badan perantauan aktivitas vulkanik."Setelah ada notam baru dilakukan secara bertahap bagaimana kondisi terkini gunung Raung. Setiap Airport harus bagaimana, apa yang mereka lakukan dan notam update terkini dikirimkan kesemua bandara. Sehingga persiapan hanya sesuai dengan SOP (standard operating procedure)," jelasnya kepada saat melakukan peninjauan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.

Seperti yang dijelaskan Ignasius Jonan, SOP pelaksanaan dan penangan pra bencana sudah dijalankan. Sehingga, perkembangan terkini terkait Gunung Raung bisa diketahui. Dengan adanya informasi tersebut, pemerintah dan jajaran terkait bisa melanjutkan kegiatan sesuai status aktivitas gunung Raung yang ada. Bahkan saat ditanya akan kesiapan transportasi darat di jalur Jawa dan Bali, serta jalur laut, Jonan tetap menjelaskan bahwa semuanya sudah diberikan secara SOP.

"Notam (pemberitahuan kondisi) sudah diberikan terus, jadi tinggal dilanjutkan saja bagaimana. Sudah ada Guidance jadi nanti bertahap kondisi terkini yang di update (perkembangan) bagaimana dan akan dikabarkan," rincinya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image