Kabardewata.com

Sinkronkan Program, Wagub Bali Minta Kabupaten/Kota Merasionalisasi Anggaran

Kategori , April 21, 2014, Dilihat sebanyak 62 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Guna mensinkronkan berbagai program pembangunan antara Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pemprop Bali menggelar  koordinasi dengan  Wakil Bupati/Walikota dan SKPD terkait program prioritas seperti Kesehatan, Pertanian, PU dan Bappeda di Denpasar.

 Wagub Bali Ketut Sudikerta meminta Kabupaten/Kota merasionalisasi anggaran yang diajukan karena dinilai terlalu besar dan akan sulit terpenuhi. Dari usulan yang telah direkap provinsi, rata-rata usulan kabupaten/kota cukup tinggi dan kurang realistis.

Untuk alat kesehatan (alkes) misalnya, Karangasem mengusulkan hingga Rp. 13 milyar, Jembrana Rp. 18 milyar, Bangli Rp. 12 milyar dan Gianyar Rp. 11 milyar.
Kabupaten lain juga mengusulkan anggaran yang dinilai terlalu besar. Menurut Wagub, untuk alkes, total anggaran yang diusulkan Bali mencapai Rp. 300 milyar. "Tolong dirasionalisasi, pilih program prioritas dan mendesak untuk mendapat alokasi anggaran tahun 2015, sisanya bisa nanti diajukan di perubahan," ujarnya. Lebih dari itu, usulan dana tiap kabupaten/kota juga harus proporsional.

Selain bidang kesehatan, pembangunan infrastruktur juga menjadi prioritas. Menurut Wagub, tanpa infrastruktur yang memadai, pembangunan tak akan dapat berjalan maksimal. Sejumlah program pembangunan infrastruktur yang diusulkan mendapat pembiayaan pusat antara lain  jembatan kuning yang menghubungkan Nusa Lembongan-Ceningan, peningkatan kualitas jalan provinsi, jalan lingkar Nusa Penida, pembebasan lahan untuk shortcut Mengwitani-Singaraja, pembebasan jalan western ring road tahap III, Review pengembangan jaringan tol Bali, pembebasan lahan bagi jalan by pass lanjutan IB Mantra Kusamba-Padangbai, pembebasan lahan underpass Cokroaminoto, Tohpati.

Pengamanan pantai, revitalisasi sungai dan percepatan pembangunan sejumlah pelabuhan juga menjadi usulan Pemprov untuk memperoleh perhatian pusat. Dalam kesempatan itu, Wagub Sudikerta juga mengutarakan rencana revitalisasi Museum Subak.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image