Kabardewata.com

Sekitar 1.332 Peserta Akan Meramaikan Festival Layang-layang Bali

Kategori , July 17, 2014, Dilihat sebanyak 186 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Permainan layang-layang merupakan hobi yang digemari oleh berbagai kalangan di Bali dari anak-anak, tua, muda, laki-laki maupun perempuan. Bukan hanya itu saja, menurut beberapa tokoh agama Hindu, permainan layangan memiliki makna signifikansi relijius yang dipersembahkan kepada Dewa Rare Anggon. Rare Anggon sendiri dipercaya sebagai pelindung areal pesawahan petani sehingga sawah masyarakat Bali tak terkena hama wereng maupun burung

Sebanyak 1.322 layang-layang di Pulau Bali siap untuk dilombakan pada ajang tahunan yang digelar 18-20 Juli 2014 di Pantai Padanggalak, Sanur, Denpasar. "Lomba layang-layang itu akan digelar sebanyak tujuh seri dimana setiap serinya akan dilaksanakan selama satu jam," kata Wakil Ketua Bidang Lapangan Persatuan Layang-Layang Indonesia (Pelangi) Bali, Made Yuda di Denpasar. 

Menurut dia, festival layang-layang ke-36 itu akan dibagi ke dalam tiga sesi selama tiga hari yang menampilkan empat jenis layang-layang di antaranya "bebean", "pecukan", "janggan" dan layang-layang kreasi baru yang diikuti oleh peserta kategori anak-anak dan dewasa. Hari pertama, kata dia, yakni saat pembukaan pada Jumat (18/7) pukul 10.00 Wita akan dilombakan 336 layangan, hari kedua (439), dan hari ketiga yakni pada Minggu (20/7) saat penutupan akan dilombakan (543). Pihak panitia sendiri, lanjut dia, telah mene

Beberapa layang-layang tradisional Bali seperti Bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung) dan Pecukan (daun berbentuk) dan juga layang-layang kreasi baru akan mengikuti kontes. Ukuran layang-layang adalah berkisar antara 4 meter – 10 meter panjang. Layangan Janggan bisa memiliki panjang ekor hingga 200 meter. Desain dari layang-layang biasanya dengan watna hitam, warna merah dan putih seperti layang-layang tradisional Bali, kecuali untuk layang-layang dengan kreasi baru. Pihak panitia sendiri, lanjut dia, telah mene tapkan bahwa ukuran maksimal layang-layang itu maksimal lima meter.

Namun untuk eksebisi diperbolehkan dengan ukuran mencapai 12 meter. Satu layangan, panitia menarik biaya pendaftaran sebesar Rp150 ribu untuk kategori dewasa dan Rp50 ribu untuk anak-anak. Sementara itu terkait keamanan pelaksanaan lomba menghindari terjadinya insiden, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan memasang bendera pembatas antara areal perlombaan dan penonton. "Kami selalu mengarahkan penonton untuk meminggir jangan sampai mendekat di areal penaikan dan penurunan layangan. Sudah ada bendera pembatas antara penonton dan peserta," ucapnya. 

 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image