Kabardewata.com

Pilpres 2014, Masih Ditemukan Lambatnya C6 Kepada Warga

Kategori , July 10, 2014, Dilihat sebanyak 123 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Akibat lambatnya diterimanya Form C6 (Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara) oleh Panitia Pemungutan Suara pada TPS 1,2 dan 3 kelurahan Tuban, membuat para petugas PPS tersebut merasa kesal. Paalnya hal tersebut mengmabat pendistribusian form C6 kepada masyarakat, apalagi banyak masyarakat yang sudah pindah tempat tinggal.

"Seharusnya sesuai dengan aturan, H-9 sudah diterima form C6 oleh panitia PPS, namun kenyataannya baru nyampe H-5, akibatnya pendistribusian form C6 menjadi mundur, baru semenjak 2 hari yang lalu ini bisa disebarkan, selain itu kami juga terkendala masalah penulisan form C6 karena padatnya jadwal upacara manusa yadnya", ungkap I Wayan Kendra, anggota PPS TPS 1 Kelurahan Tuban ditemui Senin (07/07) kemarin. 

Lanjut Kendra, dari 17 TPS di Tuban yaitu TPS 1,2,3 di Br Pesalakan, TPS 4,5 di SD 06 Tuban Br Pesalakan, TPS 6,7 di SD 02 Tuban Br Pesalakan, TPS 8,9,10 di LPD DA Tuban Br Tuban Griya, TPS 11, 12 di GOR Br Tuban Griya Jl Karang Tenget, TPS 13,14 di SD 03 Tuban Br Kelan Desa, TPS 15, 16 di SD 05 Tuban Br Kelan dan TPS 17 di Bandara dimana pada masing-masing TPS di Tuban yang berjumlah sekitar 700an lebih pemilih, sekitar 400an orang di TPS 1,2,3 tuban tidak diketahui alamatnya karena masyarakat ada yang sudah pindah tempat tinggal, sehingga ketika diantar form C6 tidak diketemui orang. Bahkan ada pula yang sudah almarhum dari 5th lalu, namun masih juga tercantum saat pilpres sekarang ini. "Banyak alamat yang dulu terdaftar kini sudah tidak ada di lokasi terutama di seputaran lokasi yang kini telah menjadi pintu keluar bandara (tol gate)", papar Kendra.

Kendra menuturkan, antara alamat pemilih ketika Pileg dan pilpres berbeda, padahal dahulu sudah disesuikan dengan alamat terbaru pemilih. Bahkan dahulu dalam 1 kk biasanya langsung berurutan urutan pemilih, namun sekarang ini malah diacak sehingga makin menyulitkan petugas untuk mendata.

Untuk itu, dirinya bersama petugas TPS 1,2 dan 3 Tuban sudah dari 5 th lalu juga mambuka pos pengecekan bagi masyarakat yang belum diketahui alamatnya, selain juga menyebar form C6 secara langsung, demi melayani masyarakat yang tidak terakomodir penyebaran surat dan belum terdata.

"Kalau dulu dari 4 hari sudah ramai yang datang mengurus, tapi sekarang malah lebih sepi", celetuk Kendra. sembari mengutarakan yang masih menjadi pembicaraan masyarakat Tuban yakni terjadinya perubahan TPS. Misalnya, warga yang pada saat Pileg lalu memilih di TPS 2, sekarang berpindah ke TPS 1

Sementara itu Lurah Tuban, Ketut Murdika ditemui sedang memantau persiapan Pilpres 2014 di Banjar Pesalakan Tuban membetulkan hal tersebut hal tersebut dikarenakan banyak warga yang sudah pindah namun tidak melaporkan dirinya.

"Warga kurang aktif melaporkan diri ketika berpindah tempat tinggal. Hal itulah yang menjadikan sulit dalam penyebarannya. Harusnya kan lapor, sehingga terdata,” ujar Murdika.

Diungkapnya, jumlah DPT untuk wilayah Tuban, tercatat sebanyak 11.612 orang. 5.749 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 5.863 berjenis kelamin perempuan. Masih di wilayah Tuban, kini ada 17 TPS termasuk TPS yang ditempatkan di Parkir Gedung Serba Guna Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. 

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image