Kabardewata.com

Persepsi Terhadap Indonesia Positif Untuk Tujuan Investasi Jangka Panjang

Kategori , April 04, 2014, Dilihat sebanyak 101 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Berdasarkan hasil sejumlah survei lembaga internasional, persepsi terhadap Indonesia juga mengalami perkembangan positif. Lembaga rating internasional terkemuka seperti Ficth Rating, Rating and Investment Information. Inc, Japan Credit Rating Agency, Standard and Poor’s (S&P), Modys Investor Servise telah menempatkan Indonesia sebagai negara tujuan investasi jangka panjang (investment grade).
 
Fitch Ratings mengumumkan pada bulan November 2013, memperkuat peringkat Indonesia menjadi BBB-  dengan outlook stabil. Sebelumnya, Oktober 2013 lembaga Rating and Investment Information Inc. juga memberikan penilaian BBB-/ stable outlook. Begitu juga dengan Japan Credit Rating Agency Ltd. pada Juli 2013 memberikan peringkat BBB- with stable outlook untuk Indonesia.
 
Dua lembaga rating lainnya S&P dan Moody’s sejak 2012 lalu tetap mempertahankan rating Indonesia di posisi yang aman untuk investasi jangka panjang, masing – masing dengan penilaian BB+ level for long-term dan Baa3 with stable outlook.
 
Hasil survei terbaru oleh Japan Bank International Corporation (JBIC) menyebutkan, Indonesia berada dalam peringkat tertinggi dalam persepsi pelaku bisnis global sebagai negara tujuan investasi dalam jangka menengah atau sekitar 3 tahun ke depan. Dalam survey JIBC yang melibatkan 488 pelaku usaha sebagai responden pada 2013 lalu, meminta responden untuk memilih 5 negara yang dinilai memberi prospek investasi yang layak dipertimbangkan dalam jangka waktu lebih 3 tahun ke depan.
 
Hasilnya, 219 responden (44,9%) memasukan Indonesia sebagai negara pilihan yang layak dipertimbangkan. Hasil survei membuat peringkat Indonesia naik dari  peringkat tiga ke peringkat pertama dimana sebelumya diduduki oleh RRT. Di posisi kedua India 43,6%; ketiga  Thailand 38,5%; keempat RRT 37,5%; dan kelima Vietnam 30,3%.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image