Kabardewata.com

Pastika Dukung Normalisasi Eks Galian C di Karangasem

Kategori , September 01, 2014, Dilihat sebanyak 111 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Gubernur Bali I Made Mangku Pastika mendukung penuh normalisasi eks galian C di Kabupaten Karangasem. Pastika menginstruksikan instansi Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melakukan kajian guna menentukan langkah paling tepat dalam memulihkan eks galian C.

Dukungan tersebut disampaikannya pada kegiatan Simakrama yang berlangsung di Wantilan DPRD Kabupaten Karangasem. Terkait normalisasi eks galian C,Pastika mencontohkan Kepulauan Bangka Belitung yang sukses melakukan normalisasi pada bekas galian timah di wilayahnya.

Bangka Belitung sukses melakukan normalisasi hektaran lahan bekas galian timah yang bopeng di bawah kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok yang saat ini menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta, berhasil menyulap eks galian C timah menjadi lahan yang subur, hijau, dan indah. Sehingga kesuburan itu membawa kemakmuran bagi masyarakat setempat.

"Kalau mau studi banding soal pemulihan kawasan bekas galian C tak usah jauh-jauh ke luar negeri, Bangka Belitung sudah sukses melakukannya," ujarnya.

Pastika menambahkan, normalisasi eks galian C harus mendapat perhatian lebih serius agar kerusakan lingkungan tidak makin parah. "Karena pada umumnya setelah digali, ditinggalkan begitu saja sehingga menyisakan lubang di sana sini," jelasnya.

Untuk itu, Pastika menginstruksikan jajarannya agar menjadikan normalisasi eks galian C sebagai salah satu fokus perhatian. Penegasan Pastika menjawab harapan dari Bupati Karangasem I Wayan Geredeg agar Pemprov Bali membantu upayanya untuk melakukan normalisasi eks galian C.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image