Kabardewata.com

Sejarah Hari Ini

1957 - Sputnik I, misi luar angkasa tak berawak pertama milik Uni Soviet, diluncurkan

Kategori Sejarah Hari Ini, October 04, 2015, Dilihat sebanyak 702 kali, Post oleh Rusadi Nata


[Peristiwa hari ini] -  Sputnik 1 (bahasa Rusia Спутник-1, Satelit 1) adalah satelit buatan pertama yang diorbitkan, pada 4 Oktober 1957. Sputnik diluncurkan dariKosmodrom Baykonur, di RSS Kazakhstan.

Peluncuran Sputnik I yang merupakan buatan Uni Soviet pada saat puncak Perang Dingin mengejutkan dunia Barat, dan menyebabkan Amerika Serikatmemulai space race (perlombaan antariksa) dengan Uni Soviet, serta gerakan untuk mereformasi pendidikan sains.


Misi luar angkasa tak berawak

Adalah misi yang menggunakan pesawat luar angkasa yang dikontrol dari jauh. Misi pertama ini adalah Sputnik I, diluncurkan pada 4 Oktober 1957. Beberapa misi lebih cocok untuk misi tak berawak dari pada misi luar angkasa berawak, dikarenakan biaya rendah dan risiko rendah. Sejak awal 1970-an, banyak misi luar angkasa tak berawak berdasarakan probe luar angkasa dengan komputer di dalamnya, dan komputer seperti ini dapat digolongkan sebagai sistem embedded.

Banyak misi Amerika dikoordinasi oleh Laboratorium Propulsi Jet, dan misi Eropa oleh ESOC, bagian dari ESA (bahasa Inggris: European Space Agency).


Sumber: wikipedia

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image