10 Tips Berlibur di Bali Saat Nyepi

10 Tips Berlibur di Bali Saat Nyepi

Bali memang sangat menggoda untuk dikunjungi, bahkan saat upacara Nyepi. Di hari Nyepi, wisatawan bisa merasakan syahdunya Pulau Dewata yang tanpa aktivitas.
1. Jangan pilih penerbangan H-1 Nyepi

Yang harus dipikirkan saat berlibur ke Bali saat Nyepi yaitu jangan memilih penerbangan H-1. Apalagi dengan jadwal kedatangan di Bandara Ngurah Rai di atas pukul 19.00 Wita. Karena dipastikan setiap jalan akan ditutup untuk pawai ogoh-ogoh.

Supir taksi hanya bisa mengantarkan traveler sampai jarak terdekat. Selanjutnya, traveler harus jalan kaki menuju hotel. Semua penerbangan di Bandara Ngurah Rai baru dibuka kembali setelah H+1.

2. Bawa senter elektronik

Bawa senter elektronik yang yang tinggal dicharge ketika habis. Gunanya, pada saat malam Nyepi, semua lampu di hotel harus dimatikan termasuk lampu kamar. Kecuali ada anak kecil dan lampu baca yang masih diperbolehkan menyala.

3. Bawa obat-obatan

Bawalah obat-obatan yang diperlukan, karena semua apotek dipastikan tutup. Tapi rumah sakit 24 jam di Bali tetap buka. Tapi tetap saja, akses menuju ke rumah sakit yang ditutup. Anda harus berjaga-jaga soal kesehatan.

4. Membawa perlengkapan renang, buku, iPad atau laptop

Jangan lupa bawa perlengkapan renang, buku, iPad atau laptop. Apabila di hotel tempat Anda menginap ada kolam renang, pada saat Nyepi traveler masih bisa berenang di kolam renang tersebut sampai sore. Buku, ipad dan laptop juga bisa digunakan untuk mengusir kejenuhan selama di kamar.

5. Sedia makanan ringan dan minuman
 
Beli makanan ringan, air mineral, atau softdrink di minimarket. Semua minimarket di Bali akan buka hingga pukul 22.00 Wita sehari sebelum Nyepi. Jadi, jangan lupa persiapkan makanan dan minuman untuk di kamar saat Hari Nyepi.

6. Sediakan uang tunai sebelum Hari Nyepi

Sebelum Hari Nyepi, semua mesin ATM sudah dimatikan mulai pukul 18.00 Wita. Tentunya, uang tunai sangat diperlukan untuk membeli makan malam atau jajan sebelum Hari Nyepi tiba.

7. Tanyakan pada pihak hotel tentang pelayanan selama Nyepi

Saat Nyepi, traveler tidak diperkenankan keluar dari hotel. Peraturan ini dimulai pada pukul 06.00-06.00 Wita keesokan harinya. Jadi, tanyakan pada pihak hotel untuk makan siang dan makam malam di restoran hotel.

Tanyakan juga apakah pekerja hotel diperbolehkan bekerja melayani tamu selama Nyepi. Untuk makan malam biasanya dibatasi hanya sampai pukul 18.00 Wita saja.

8. Isi waktu dengan berbagai kegiatan di hotel

Anda bisa mengisi hari dengan berenang di kolam renang hotel, bersantai di kamar, membaca buku, dan lain-lain. Ingat, semua siaran TV lokal ditiadakan, termasuk radio. Oleh sebab itu, jika televisi hotel menggunakan cable atau satelit TV maka televisi hanya mendapat siaran asing saja.

9. Jangan membaut kegaduhan di hotel

Jangan membuat kegaduhan karena biasanya para petugas hotel atau pecalang akan memperingatkan Anda.

10. Kurangi cahaya lampu kamar saat malam hari

Ketika malam tiba, buat lampu kamar Anda agak temaram. Jangan hidupkan semua lampu, kecuali tirai kamar cukup tebal dan menutupi area jendela. Sehingga tidak ada sinar yang bisa keluar dari kamar.
 

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait