Kabardewata.com

Kuliner

Minuman Khas Dan Kaya Khasiat, Loloh Cemcem Dikirim ke Segenap Penjuru Bali

Kategori Kuliner, August 08, 2018, Dilihat sebanyak 17 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Tak hanya tersohor dari aspek kebersihannya, Desa Penglipuran yang terletak di Banjar Penglipuran, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali juga kaya akan karya hasil olahan sendiri. 

Salah satunya adalah minuman khas asli dari Desa Penglipuran. Namanya Loloh Cemcem, rasanya nano-nano, ada rasa sedikit kecut, manis, asem, campur jadi satu dalam minuman ini. 

Minuman ini dikirim ke segenap penjuru Bali, bahkan keluar daerah. Loloh Cemcem dalam satu botol ukuran air mineral ukuran 600 mililiter dibanderol Rp5 ribu. 

Ni Nengah Kariyasa, salah satu warga yang memproduksi minuman tersebut, menjelaskan, Loloh Cemcem dibuat dari daun cem-cem. 

"Ini minuman asli khas sini (Desa Penglipuran)," kata Kariyasa di rumahnya, Minggu (28/2/2016).
Cara membuatnya, daun cemcem tersebut ditumbuk halus. "Kalau dulu ditumbuk. Tapi kalau sekarang sudah pakai mesin," jelasnya. 
Setelah daun tertumbuk halus, selanjutnya dicampur dengan air. "Lalu dicampur gula merah, cabai, garam dan asam. Itu bumbunya rujak," kata Kariyasa.  

Tumbukan tersebut kemudian disaring dan campur sedikit irisan kelapa muda. selain segar saat diminum, minuman berwarna hijau ini mempunyai beberapa khasiat. 

"Khasiat Loloh Cemcem asli Penglipuran Bali ini salah satunya untuk melancarkan pencernaan dan menyegarkan badan," jelas Kariyasa.


Sumber: liputan6.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image