Kabardewata.com

KPU Bali Tetapkan Kursi Caleg Yang Lolos DPRD Bali

Kategori , May 12, 2014, Dilihat sebanyak 358 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi bali akhirnya menetapkan nama  - nama caleg peserta pemilu yang lolos sebagai anggota DPRD bali dalam rapat pelno penetapan perolehan kursi anggota DPRD Bali di Denpasar. Rapat Pleno penetapan kursi tersebut dipimpin langsung oleh ketua KPUD Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Hadir pula dalam rapat pelno tersebut Gubernur bali I Made Mangku pastika, Ketua Bawaslu Bali I ketut Rudia serta perwakilan dari masing – masing partai poltik peserta pemilu. 

Perolehan kursi tak jauh berbeda dengan prediksi dari sejumlah kalangan usai pleno perolehan suara masing –masing partai dan caleg, yang diselenggarakan KPU pada 23 April 2014 lalu. Berdasarkan pelno penetapan perolehan kursi masing – masing partai peserta pemilu maka rincian komposisi perolehan kursi di DPRD Bali and setealah PDIP 24 kursi, Golkar 11, Demokrat 8, Gerindra 7, Nasdem 2 kemudian disusul PAN, Hanura dan PKPI masing – masing meraih 1 kursi. 

PDIP berhasil mempertahankan jumlah kursinya di DPRD bali dengan perolehan kursi sama seperti pemilu tahun 2009. Golkar kehilangan satu kursi. Jika pada pemilu tahun 2009 Golkar meraih 12 kursi kini Golkar hanya meraih 11 kursi. Berbeda dengan Gerindra yang mengalami kenaikan signifikan. Di mana pada pemilu 2009 gerindra hanya mengantongi 2 kursi di DPRD bali, kemudian naik signifikan menjadi 7 kursi di pemilu 2014.

Pada kesempatan ini, gubernur bali I Made Mangku Pastiska menyambut positif penetapan perolehan kursi masing – masing partai di DPRD bali. “Saya mengapresiasi seluruh masyarakat bali bak ketua parpol, penyelenggara, bawaslu atas terselenggaranya seluruh tahapan pemilu legislatif sehingga pemilu dapat berjalan kondusif. Semoga kondisi ini dapat dipertahankan,” kata mangku pastika. 

Mangku pastika berharap kondisi tersebut bisa dipertahankan sampai pemilihan presiden, juli mendatang. Selain itu, Pastika juga menaruh harapan agar seluruh caleg yang terpilih dapat mengemban amanah yang telah dipercayakan oleh seluruh rakyat bali. “Mereka yang terpilih adalah putra – putra terbaik Bali. Pasti akan menunjukan performance terbaik ke depan,” kata Pastika.

Sementara itu, Ketua KPUD bali Dewa Raka Sandi mengatakan tidak ada partai yang menyatakan keberatan dengan hasil pleno penetapan jumlah perolehana kursi DPRD bali. “Sejauh ini kondusif dan tidak ada keberatan dari partai politik,” kata Raka Sandi. Sesungguhnya KPU telah memberikan kesempatan kepada saksi peserta pemilu untuk mengajkan keberatan secara tertulis. Namun, sampai rapat pleno selesai, tidak ada keberatan yang diajukan. 

Ditambahkannya, pengajuan keberatan atas penetapan perolehan kursi hanya diberi waktu satu hari. Kalaupun ada keberatan, diajukan ke mahkamah Konstitusi. “Malam ini (tadi malam – red) pukul 23.00 Wita adalah batas terakhir pengajuan keberatan ke MK,” kata Raka sandi.  


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image