Kabardewata.com

KKP Siapkan SDM Handal Kelola Kawasan Konservasi Perairan

Kategori , September 17, 2014, Dilihat sebanyak 95 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) handal dan terlalatih dalam mengelola kawasan konservasi perairan. Mentri KKP Sharif C. Sutardjo mengatakan,   Peningkatan kulitas SDM ini akan bermuara pada kesiapan SDM dalam mengawal program konservasi dengan bersandar pada dua hal, yang pertama rencana pengelolaan dan zonasi kawasan yang melibatkan pemangku kepentingan terkait, yang kedua implementasi operasional pengelolaan secara komperehensif termasuk komponen pendanaan berkelanjutan. Imbuhnya, KKP akan menjaring sekitar 2.400 personel tenaga ahli untuk mengelola 76 kawasan konservasi perairan di Indonesia.

 "Langkah ini merupakan salah satu dari konsistensi KKP dalam mewujudkan 20 juta hektare kawasan konservasi perairan pada tahun 2020 mendatang,"paparnya saat membuka lokakarya Pelatihan Internasional Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Lanjutnya, hal tersebut juga diperlukan untuk mendorong penerapan good ocean governance secara lebih luas. Selain itu juga KKP tengah menertibkan Standar Kompetensi Kerja Khusus (SK3) perencanaan pengelolahan kawasan konservasi perairan yang partisipatif. "Standar kompetensi ini memuat beberapa indikator, diantaranya mencakup pengetahuan, ketrampillan dan sikap kerja yang harus dimiliki setiap profesional yang terlibat,"ucapnya.

Tidak hanya itu saja KKP juga mendorong terbantuknya lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan (LSP-K). Selain memacu kualitas dan kapasitas SDM, KKP juga mengedepankan empat langkah strategis dalam mengelola kawasan konservasi perairan. "Lewat pengelolaan kawasan perairan  dapat menjamin keberlanjutan kegiatan ekonomi masyarakat yang bertumpu pada kelestarian sumberdaya ikan dan jasa-jasa lingkungan perairan,"tutupnya


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image