Kabardewata.com

Jamkrida Bali Mandara Mou Dengan 8 Lembaga Keuangan

Kategori , June 24, 2014, Dilihat sebanyak 180 kali, Post oleh Admin Kabardewata


PT JBM melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding dengan 8  lembaga keuangan diantaranya dengan Perum JAMKRINDO, Asuransi Re-Liance, PERUSDA Bali, BPMPD, Dinas Sosial Provinsi Bali, Asosiasi Simantri Provinsi Bali, Dinas Sosial, Dinas Perikanan Provinsi Bali, dan BKS LPD Provinsi Bali. Selain itu PT JBM juga akan mengadakan perjanjian kerjasama (PKS) dengan  4 bank yakni Bank BPD Bali, BPR Gianyar, BPR Sinar Kuta, dan BPR Pasaraya Kuta. Menurut PT JBM,  Ketut Widiana Karya, di Denpasar

Penandatangan Mou dan PKS ini juga serangkaian dengan ulang tahun ke-3 yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2014. PT Jamkrida Bali Mandara (JBM) resmi beroperasi sejak Desember 2011 yang  bertugas memberikan penjaminan kredit kepada usaha kecil yang jaminannya kurang. Hingga bulan Mei 2014, penjamin kredit sudah mencapai 1,080 triiun dan nasabahnya sudah mencapai 11.006 orang.  

Pada kegiatan tersebut PT JBM juga  memperluas pelayanan pasar dengan meluncurkan produk Kontra Bank Garansi. “Kontra Bank Garansi merupakan produk penjaminan non cash loan dalam bentuk pemberian penjaminan atas Bank Garansi yang diterbitkan mitra usaha kita yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Bali (BPD), Bank Garansi dan Surety Bond bukan sesuatu yang baru bagi kontraktor”  ujarnya. 

Karena merupakan persyaratan penting dalam menangani proyek baik konstruksi maupun pengadaan barang dan jasa sesuai perpres 54/2010 yang kemudian diganti dengan Perpres 70/2012. Kontra Bank Garansi pada intinya merupakan cover resiko atas bank Garansi, Jamkrida Bali akan membayar sejumlah uang manakala obligee mengajukan tuntutan klaim atas bank garansi yang diterima akibat kontraktor gagal memenuhi isi kontrak. Peluncuran produk kontra bank garansi PT. JBM diharapkan dapat membantu pengusaha UMKM kontraktor dalam upaya mendapatkan bank garansi tanpa mengeluarkan agunan cash collateralmaupun jaminan fisik. 

 Kegiatan peluncuran produk ini melibatkan 150 undangan yang terdiri dari asosiasi perusahaan konstruksi yang tergabung dalam Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), SKPD trekait, Dinas PU Provinsi, Dinas PU Kota/ Kabupaten, Unit Layanan Pengaduan (ULP) Barang dan Jasa, mitra usaha bank/lembaga keuangan lainnya serta pelaku UMKM. 

Selain sosialisasi dan peluncuran produk kontra Bank Garansi  dilakukan kegiatan penyerahan sertifikat penjaminan yang ke-10.000 kepada UMKM dalam upaya meningkatkan sinergitas program Bali Mandara yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Bali


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image