3 Makanan Khas Bali yang Terkenal

3 Makanan Khas Bali yang Terkenal

Berikut ini kami merekomendasikan masakan Bali yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bali

1. Babi Guling

Boleh dibilang, ini merupakan ikonnya masakan Bali. Di sekitar Denpasar, setiap beberapa ratus meter terdapat banyak warung yang menyediakan masakan khas Bali. Penandanya jelas, papan nama warungnya biasanya bergambar babi. Tapi, setelah kalian mencoba masakan ini, ehm... yummy, rasanya sangat gurih dan lezat, apalagi kulit luarnya yang terasa kriuk... saat mendarat di mulut.

Babi guling, dari namanya jelas adalah babi yang diguling atau dipanggang. Sebelum memanggang, penjual akan mengeluarkan isi perut babi dan menggantinya dengan bumbu rempah-rempah. Kemudian si penjual kembali menjahit perut babi dan barulah siap memanggang. Jadi, saat memanggang akan terlihat seperti babi utuh, hanya bulu-bulunya saja yang sudah dibersihkan. Nah, proses menggulingnya bisa berjam-jam, lho. Ini dilakukan supaya babi matang sampai sedalam-dalamnya dan kulit luarnya terasa kriuk-kriuk.

2. Lawar

lawar, makanan yang satu ini memiliki tiga pilihan, yaitu lawar babi, lawar ayam, dan lawar sapi. Bahan utama lawar ini adalah daging yang dicampur kacang atau kelapa, dan bumbu Bali lengkap. Ada juga penjual yang mencampur lawar dengan darah ayam atau babi. Bila ingin menikmati makanan ini Anda bisa menemukannya di tempat babi guling.

3. Ayam Betutu

Hidangan yang satu ini juga menjadi salah satu ikon kuliner Bali. Cara pengolahannya hampir sama dengan babi guling. Penjual mengeluarkan isi perut ayam dan menggantinya dengan bumbu dan sayur-sayuran. Bedanya, ayam betutu tidak dipanggang tapi dikukus.

Saat menikmati hidangan ini mulut akan langsung ketagihan. Bumbunya merasuk ke dalam daging ayam dan rasanya sangat gurih. Berhubung orang Bali suka masakan yang pedas, jadi ayam betutu ini rasanya juga lumayan pedas.1.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait