Kabardewata.com

Hasil Survei Tinggi, I Wayan Sudirta Rebut Rekomendasi PDIP

Kategori , June 19, 2015, Dilihat sebanyak 360 kali, Post oleh Rusadi Nata


Politik di Karangasem tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Aroma panas persaingan di dalamnya tidak kalah dengan politik di istana sekalipun. Jangankan di luar partai, persaingan di dalam internal partai juga begitu panas. Panasnya persaingan itu bisa dilihat dari para calon yang berebut rekomendasi partai. Mereka saling sikut satu sama lain untuk meraih mandat dari pusat. Partai yang paling kelihatan berebut rekomendasi adalah PDIP. Di partai berlambang banteng moncong putih tersebut persaingan untuk meraih rekomendasi diperebutkan oleh kader partai dan nonkader.

I Wayan Sudirta yang juga tidak mau kalah untuk mendapat rekomendasi PDIP. Sudirta yang kini duduk sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Bali tersebut gencar untuk mendapatkan rekomendasi dengan terus getol turun ke masyarakat melakukan kegiatan sosial untuk mendapatkan simpati masyarkat. Sudirta yang gagal maju sebagai anggota DPD RI tersebut terus melakukan pendekatan dengan kepala dusun sebagai pimpinan di desa yang paling bersentuhan dengan masyarakat. Sudirta berharap hasil survey mengangkat namanya sehingga mampu diusung kembali setelah pada lima tahun lalu kalah bertarung dalam Pilkada Karangasem 2010 melawan Bupati I Wayan Geredeg.

Hasil survei dirilis oleh Syaiful Mujani Research Center (SMRC). Pada hasil survei yang disampaikan oleh Penasehat KORdEM Putu Wirata Dwikora, di Denpasar menyatakan bahwa Wayan Sudirta sebagai salah satu kandidat calon Bupati Karangasem dari PDIP meraih suara tinggi. Dari hasil survei, Sudirta paling diunggulkan dari calon yang ada.

Menurut Putu Wirata, dari hasil survei yang dilakukan SMRC selama 6-8 Juni 2015, selain mengunggulkan Sudirta, persaingan paling ketat pada Pilbup Karangasem yakni terjadi antara Wayan Sudirta dan Gusti Ayu Mas Sumatri. Namun demikian, dari hasil akhir Survei,  Wayan Sudirta berhasil mengungguli kandidat lain, seperti Made Sukerena, Mas Sumatri, Gde Dana, Ngurah Agung, Made Sumiati.

“Wayan Sudirta selalu unggul, baik dalam survey tunggal maupun ditandemkan dengan bakal calon wakil bupati. Siapapun mendampinginya sebagai bakal calon wakil bupati, Wayan Sudirta selalu hasil surveynya tertinggi,” ujar Putu Wirata, saat jumpa dengan wartawan 

Dalam pertanyaan terbuka, siapa bupati Karangasem pilihan rakyat, Sudirta membukukan dukungan 15,4 persen, Mas Sumatri 13,9 persen Made Sukerena 6,3 persen, Gde Dana 0,5 persen, dan beberapa kandidat lain memperoleh kurang dari 0,5 persen dan mayoritas belum menyatakan pilihan.

Sementara terhadap pertanyaan tertutup dengan sodoran 3 nama, Wayan Sudirta memperoleh 27,1 persen, Mas Sumatri 25,6 persen, Gde Dana 1,5 persen, selebihnya belum menjawab atau tidak tahu. Begitu juga bila hanya dua nama, Sudirta memperoleh 35,1 persen, Gde Dana 2,9 persen, dan selebihnya masih belum menentukan pilihan.

Bagaimana kalau kandidatnya berpasangan? Sudirta ternyata selalu unggul dengan siapapun ia dipasangkan. Terlepas dari afiliasi partai, bila Sudirta dipasangkan dengan Mas Sumatri atau Made Sukerena, rakyat memberikan suara sangat tinggi. Sudirta juga unggul bila misalnya calon wakilnya adalah Arta Dipa, Gde Dana, Ngurah Agung, Made Sumiati, Wayan Sumatera dan Wayan Suastika.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image