Kabardewata.com

Cerdaskan Otak, Konsumsi Ikan Perlu Jadi Gaya Hidup

Kategori , July 06, 2015, Dilihat sebanyak 154 kali, Post oleh Rusadi Nata


Sebagai salah satu sumber protein hewani yang mengandung  mineral dan juga asam amino terutama Omega 3, ikan memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan kita. Berdasarkan data penelitian FAO dan WHO, ikan selain dapat menyembuhkan penyaki depresi, skizofrenia serta gejala hipertensi pada anak anak , juga   sangat baik bagi kecerdasan otak. Untuk itu pengenalan dan konsumsi ikan sejak dini perlu disosisalisasikan sehingga mengkonsumsi ikan bisa menjadi gaya hidup yang akhirnya menjadi budaya makan ikan pada masyarakat. 

Ayu Pastika selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) menyampaikan bahwa Gemarikan (masyarakat gemar ikan)  merupakan program pemerintah yang sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kecerdasan masyarakat dan derajat kesehatan masyarakat. Walaupun  tingkat konsumsi ikan di Provinsi Bali masih  lebih tinggi dibanding tingkat konsumsi ikan dunia, namun jika dibandingkan dengan   tingkat konsumsi ikan  nasional masih lebih  rendah. 

Berdasarkan data tingkat konsumsi ikan provinsi Bali pada tahun 2014 sebesar 31,17 kg/kapita/tahun sedangkan  tingkat konsumsi ikan nasional yaitu 33,14 kg/kapita/tahun. Untuk itu berbagai upaya perlu dilakukan guna meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat yang salah satunya dengan mengadakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan melalui Pemberian Makanan Tambahan Bagi Anak Sekolah. 

Program ini disamping merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak anak sekolah juga merupakan salah satu mata rantai penyerapan hasil produksi perikanan nyang dihasilkan masyarakat. Seiring dengan peningkatan produksi hasil perikanan, maka konsumsi ikan oleh masyarakat di dalam negeri sangat penting dipacu pertumbuhannya, antara lain dengan upaya penyediaan pasar ikan  dan mendorong tumbuhnya rumah makan yang menyediakan masakan berbahan baku ikan. 

Disamping itu upaya yang paling efektif adalah dengan memberikan pemahaman secara dini kepada anak anak betapa pentingnya konsumsi ikan.Ayu juga menambahkan kegiatan GEMARIKAN dan PMTAS amat sejalan dengan tujuan Pemerintah Provinsi Bali yaitu Bali yang Maju Aman Damai dan Sejahtera dengan harapan tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya akan meningkat. Ia juga menghimbau khususnya pada para siswa agar lebih banyak makan ikan agar menjadi pintar,kuat dan sehat sehingga dapat berpestasi dalam mengejar pendidikan.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Ir I Made Gunaja,M.Si  GEMARIKAN selain mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak anak untuk sejak dini gemar makan ikan juga mendorong minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan  meningkat. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image