Kabardewata.com

Berita Utama

TTL dan Hari Raya Galungan Penyumbang Inflasi Pada Triwulan II

Kategori Berita Utama, June 19, 2014, Dilihat sebanyak 129 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Inflasi pada triwulan II 2014 di denpasar diprekdiksikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III (Bali dan Nusa Tenggara) naik menjadi 6,7 persen hingga 7,3 persen. Terjadinya inflasi pada triwulan adanya Hari Raya Galungan, sehingga kebutuhan barang pokok mengalami kenaikan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III (Bali dan Nusa Tenggara), Benny Siswanto menyatakan, kenaikan inflasi pada triwulan II selain adanya hari raya galungan, selain itu juga disebabkan potensi kebijakan peningakatn Tarif Tenaga Listrik (TTL) industri per 1 Mei 2014. Kenaikan TTL akan berdampak pada kenaikan barang dan jasa lainnya, terutama pada kelompok bahan makanan, sandang, dan perumahan. 

Effect penyesuaian tarif listrik diperkirakan sekitar 0,14 persen atau 0,02 persen per bulan dengan asumsi ditransmisikan secara bertahap oleh produsen sepanjang Mei hingga Desember. 

“TTL bisa menjadi salah satu  pemicu inflasi, selain itu juga bisa mempengaruhi industri kecil menengah secara otomatis kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan. Sebab harga produksi mengalami peningkatan,”jelasnya usai jumpa pers pertumbuhan ekonomi Bali, di Kantor BI Bali, Renon, Denpasar, Rabu (18/6). 

Sambungnya, tekanan inflasi kota Denpasar sepanjang tahun 2014 diperkirakan akan lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2013. Seiring dengan hilangnya dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang diimplementasikan pada 22 Juni 2013 lalu. 

Benny menyatakan, KPw BI wilayah II akan  tetap mencermati sejumlah risiko yang dapat menggangu pencapaian sasaran inflasi, seperti peningkatan harga pangan akibat seasonal effect (perayaan hari raya keagamaan) di sepanjang tahun 2014. 

“Untuk menekan angka inflasi kami akan bekerjasama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bali,”ujarnya

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image