Ternyata ada bus yang melayani rute Antar Negara!

Ternyata ada bus yang melayani rute Antar Negara!

Bagi beberapa traveler, traveling lewat jalur darat dengan menggunakan bus memiliki kenikmatan tersendiri. Namun, tak banyak yang tahu bahwa ternyata ada beberapa Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia yang melayani rute Antar Negara, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.
Sejak perbatasan Entikong di Kalimantan Barat dibuka, maka terhubung pula sarana transportasi perjalanan darat lintas negara. Maka tak heran, kini sudah mulai banyak PO di Kalimantan Barat yang melayani rute antar negara termasuk Perum DAMRI dengan membanderol tarif umum mulai dari Rp160.000 per orangnya untuk satu kali perjalanan dari Pontianak menuju Kuching, Malaysia.

Ada pula beberapa bus swasta lainnya yang melayani perjalanan menuju tiga kota di tiga negara yaitu Pontianak di Indonesia – Serian di di Malaysia – hingga Bandar Seri Begawan di Brunei Darussalam dengan tarif berkisar Rp550.000 per orangnya.
Tiap bus dari Pontianak berangkat setiap harinya mulai pukul 07.30 waktu setempat menuju Bandar Sri Begawan yang memakan waktu perjalan sekitar 23 hingga 27 Jam menggunakan bus yang berkapasitas tempat duduk antara 28 hingga 36 kursi.

Sayangnya, meski telah tersedia bus perjalanan lintas negara di Kalimantan Barat, justru layanan bus dengan rute antar provinsi di Kalimantan justru belum tersedia, seperti misalnya perjalanan menuju Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, ataupun Kalimantan Timur. Sebab, akses jalan darat belum cukup memadai untuk dilewati moda transportasi umum tersebut.
Berikut beberapa nama PO Bus yang melayani rute antar negara.

PO ADBS
Tujuan Pontianak – Bandar Sri Begawan (Brunei)

PO ATS
Tujuan Pontianak – Kuching (Brunei)

PO Bintang Jaya Express
Rute: Pontianak – Kuching (Malaysia)

DAMRI
Rute: Pontianak – Kuching (Malaysia) – Bandar Sri Begawan (Brunei)

PO Eva Express
Rute: Pontianak – Kuching (Malaysia)

PO Sri Merah
Rute : Pontianak – Kuching (Malaysia)

PO Tebakang Express / Biaramas Express
Rute: pontianak – Kuching (Malaysia)

PO Murni HJ Saban
Rute: Pontianak – Serian (Malaysia) – Bandar Sri Begawan (Brunei)
 


Ditayangkan sebelumnya dari situs Dream
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait