Sensasi Traveling Sendirian! Kamu Semua Harus Coba Ya

Sensasi Traveling Sendirian! Kamu Semua Harus Coba Ya

Pada suka traveling nggak sih? Perjalanan memang mengasyikkan. Dari setiap pengalaman yang ada kamu bisa ditempa jadi manusia yang lebih baik sepulangnya. Wait! Tapi jangan ngaku traveler sejati deh kalau kamu belum pernah traveling sendirian!
Mau tau alasannya kenapa? Yang jelas, sensasinya bakal beda banget sama ketika kamu traveling rame-rame. Yuk, simak aja di artikel ini!

1. Traveling sendirian berarti kamu bebas menentukan arah tujuan

Traveling sendirian itu sensasinya emang luar biasa, guys! Kamu bakal merasakan yang namanya bebas, benar-benar sebebas-bebasnya. Pengen naik gunung, jalan-jalan di hutan, berenang di laut atau guling-guling di pantai, terserah kamu!

2. Dengan berjalan sendiri kamu menempa diri jadi pribadi yang berani sekaligus mandiri

Pas banget kalau kamu termasuk orang yang kurang percaya diri. Pasalnya, nekat buat pergi traveling sendirian itu bisa melatih rasa percaya diri kamu, lho! Kamu bakal lebih berani dan pedebuat ngomong sama orang yang mungkin baru kamu kenal.
Selain itu, udah pasti kamu bakal ‘terpaksa’ mandiri. Kamu nggak bisa dikit-dikit minta tolong ke orang lain atau bolak-balik nanya arah ke setiap orang yang kamu temui. Please! bawa peta, pakai GPS, dan jangan lupa banyakin browsing. Malu bertanya itu sesat di jalan, tapi kalau kebanyakan nanya juga memalukan!

3. Saat berjalan sendiri, kamu tak perlu kikuk jika muncul keinginan memanjakan diri

Kesibukan di sekolah atau tempat kerja mungkin bikin kamu lupa rasanya menyenangkan diri sendiri. Traveling sendirian jadi kesempatan kamu buat membayar lunas semuanya. Mau liat apa, ngapain aja, nginep dimana, makan atau minum apa, pilih yang bikin kamu happy.

4. Kesempatan traveling sendiri melatih kemampuanmu beradaptasi

Traveling sendirian bikin kamu belajar biar cepat beradaptasi sama orang-orang baru dan lingkungan baru. Yang satu ini pastinya bakal bermanfaat banget buat keseharian kamu. Siapa tau kamu tiba-tiba pengen resign dari tempat kerja atau bahkan pindah rumah.

5. Dari perjalanan solo ini keberanianmu pun akan diuji

Setiap manusia pasti punya rasa takut, apalagi kalau harus traveling sendirian. Bisa jadi kamu ketemu binatang buas pas lagi naik gunung atau dipalak preman pas lagi naik transportasi umum. Kalau kamu bisa mengatasi semua ketakutan itu dan keluar dari comfort zone, berarti kamu udah naik level.

6. Saat tidak ada yang bisa diandalkan kamu harus melatih kesabaran

Kalau yoga atau meditasi gagal bikin kamu jadi orang penyabar, coba deh pergi traveling sendirian. Pasalnya, banyak hal yang bisa bikin kamu naik darah selama perjalanan. Misalnya, pas ketemu calo, naik kereta ekonomi atau salah milih tanggal liburan dan tempat yang kamu kunjungi ternyata lagi crowded banget. Dijamin, kamu pulang dan berubah jadi super sabar.

7. Dari perjalanan seorang diri kamu akan menemukan kebebasan mengikuti keinginan pribadi

Kalau traveling sendirian, kamu nggak perlu menghabiskan waktu berdebat sama teman-teman kamu buat nentuin kapan atau mau traveling kemana. Mau ke destinasi A dulu, hayuuuk tinggal angkat ransel. Mau bikin trip terusan dari destinasi A ke C dalam satu hari? Boleeeh. Lagi dilanda kemalasan dan hanya ingin goler-goler di penginapan? Bebas!

8. Melakoni perjalanan tanpa teman membuatmu sadar bahwa orang baik masih bertebaran

Percaya nggak kalau orang akan lebih peduli sama kamu ketika kamu traveling sendirian? Yup, emang bener banget! Ketika ketemu warga lokal di tempat yang kamu kunjungi, biasanya mereka jadi lebih ramah, lebih informatif soal tempat-tempat wisata yang mungkin belum banyak orang tau di daerah mereka.

Nah, kalau lagi beruntung, bisa jadi kamu boleh nginep gratis dan dapet makan di rumah mereka. Lumayan kan buat kalian para backpacker.

9. Tidak punya kewajiban menjaga perasaan siapapun bisa membuatmu menjalani perjalanan dengan lebih santai

Apa yang terjadi selama perjalanan seringnya nggak bisa diprediksi dan mungkin nggak sesuai sama rencana kamu. Ketika traveling bersama, kamu harus mengkomunikasikan segalanya dengan partner perjalananmu. Mood kalian harus disesuaikan — agar tidak menimbulkan permasalahan di sepanjang perjalanan.

Sementara saat hal itu terjadi dalam perjalanan solo travelingmu, santai aja! Kamu tidak punya kewajiban menjaga perasaan siapapun. Apapun yang terjadi bisa kamu nikmati dengan santai .

10. Hanya setelah berani melakoni perjalanan sendiri kamu bisa tuntas mengenal diri sendiri

Mau tau aslinya kamu kayak gimana. Cobain deh traveling sendirian. Dijamin kamu bakal tau dan sadar gimana sebenarnya sifat-sifat kamu. Kalau udah gitu, kamu juga bisa berpikir dan merenung tentang mana sifat yang baik dan mana sifat buruk yang harus mulai dirubah.

11. Perjalanan seorang dirimu akan memberimu oleh-oleh berton-ton pelajaran baru

Salah satu yang paling menarik ketika traveling sendirian itu bisa belajar hal baru. Banyak hal unik di dunia ini yang mungkin belum pernah kamu lihat atau kamu temui. Kamu jadi tahu bahwa tidak selamanya daging adalah makanan terenak di dunia setelah mencicipi mie ongklok. Perjalanan seorang dirimu ke Jepang membuka mata bahwa kemajuan teknologi ternyata tidak selalu sejalan dengan tingginya tingkat emansipasi wanita.

Pelajaran baru ini akan lebih terasa merasuk ke dalam pikiran saat kamu menjalani perjalanan sendirian. Tak adaanya teman untuk bicara memberimu waktu untuk berpikir dan bicara pada diri sendiri banyak-banyak. Kamu pun akhirnya sadar bahwa dunia ini nggak sesempit rumah, sekolah, kantor, atau tempat kamu nongkrong.

12. Selepas pulang kamu akan jadi orang yang lebih menghargai kebaikan. Walau ia kecil dan tak signifikan

Terbiasa cuek sama lingkungan sekitarmu? Traveling sendirian mungkin bisa merubah hal itu. Ketika sendiri kamu bakal punya lebih banyak waktu mengamati dan menikmati apa yang ada di sekitarmu. Ketika ada warga lokal yang memberi bantuan, kamu bisa merasakan betapa banyak kebaikan di dunia ini.

Sepulang dari perjalanan, kebaikan-kebaikan itu akan terus bergaung dalam dirimu. Akan ada rasa malu saat kamu masih dengan mudah mengambil ponsel hanya untuk posting keluhan. Di dunia ini lebih banyakk hal yang perlu disyukuri, dibanding sibuk merutuki keadaan diri.
Jadi, gimana? Tertantang untuk segera mengepak barang dan mengangkat ransel untuk memulai perjalanan solo?


Ditayangkan sebelumnya dari situs hipwee.com/travel
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait