Jalan - Jalan ke Jembatan Bangkung, Plaga

Jalan - Jalan ke Jembatan Bangkung, Plaga

Tahukah anda jika Bali memiliki salah satu jembatan tertinggi di Asia? Jembatan Tukad Bangkung di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali diresmikan penggunaannya pada tanggal 19 Desember 2006 merupakan jembatan yang menghubungkan tiga kabupaten, masing-masing Badung,Bangli,dan Buleleng. Jembatan ini memiliki ketinggian konstruksi 71,14 meter dan tahan terhadap gempa berkekuatan hingga 7 Skala Richter dengan panjang hingga 360 meter serta lebar 9,6 meter. Merupakan yang terpanjang keenam di Indonesia, terpanjang di Bali, dan merupakan salah satu yang tertinggi di Asia.


kebun bunga di desa petang

Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini berfungsi menggantikan jalur wisata lama yang menghubungkan ruas jalan Denpasar, Sangeh, Petang, dan Kintamani-Bangli yang letaknya berada 500 meter di arah selatan Jembatan Tukad Bangkung. Jalur lama selain kondisinya kurang bagus juga memiliki kemiringan hingga 40 derajat alias sangat terjal sehingga sulit dilalui oleh kendaraan besar seperti truk atau bis wisata yang banyak melintas ke daerah wisata ini. Pembangunan Jembatan Tukad Bangkung sekaligus memangkas jarak tempuh di jalur lama sepanjang 6 kilometer.


jalan di pedesaan yang sepi

Jembatan Tukad Bangkung dibangun dengan menggunakan teknologi balanced cantilever, dengan estimasi usia pakai selama 100 tahun. Tampilan jembatan yang dibangun semenjak tahun 2001 ini didesain mirip dengan jembatan konvensional lainnya di Bali dan tidak dibangun menggunakan atap di atasnya dengan alasan supaya tidak mengurangi pemandangan di sekitarnya. Diperlukan dana Rp 49 miliar lebih untuk membangun Jembatan Tukad Bangkung dengan dana yang murni berasal dari APBD Provinsi Bali.

Diperlukan waktu kira-kira 1 jam perjalanan ke arah utara Kota Denpasar untuk mencapai lokasi Jembatan Tukad Bangkung. Selama perjalanan anda akan melewati tempat-tempat menarik lainnya seperti Sangeh, Tanah Wuk, Desa Petang, dan Air Terjun Nungnung. Jembatan ini juga dapat diakses melalui jalur perjalanan melalui Kintamini. Setibanya di lokasi, anda akan melihat banyak warung berjejer di setiap sudut jembatan, dan warung ini merupakan tempat yang pas untuk menyaksikan pemandangan Jembatan Tukad Bangkung. Pemandangan jembatan yang luar biasa ditemani oleh hawa sejuk pegunungan akan menghilangkan rasa penat anda. Mengagumi Jembatan Tukad Bangkung sebagai salah satu jembatan yang tertinggi di Asia layak dimasukkan ke dalam agenda perjalanan anda selama berada di Bali.


Ditayangkan sebelumnya dari situs pawongan
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait