8 Jenis oleh-oleh khas Bali paling hits

8 Jenis oleh-oleh khas Bali paling hits

Jalan-jalan ke Pulau Dewata kalau nggak bawa oleh-oleh khas Bali rasanya gimana, gitu? Serasa ada yang kurang. Nah kalau itu yang dirasakan, travelers harus menyimak dulu oleh-oleh khas Bali yang wajib diborong saat liburan. Jenisnya bermacam-macam, ada yang bisa dimakan, dikenakan, buat pajangan, atau buat koleksi. Jadi kali ini, Pegipegi mau kasih informasi komplit tentang oleh-oleh khas Bali yang wajib di tenteng sebelum pulang.
 

1. Pie Susu



Ini adalah camilan pertama yang wajib masuk daftar oleh-oleh khas Bali yang harus dibeli. Pie susu adalah produk makanan khas Bali yang sudah populer dijadikan oleh-oleh wisatawan saat plesiran ke Bali. Pie susu punya bentuk ceper, lalu bagian pinggirannya agak keras. Yang legit tentu saja di bagian tengah karena ada fla susu yang rasanya creamybanget. Teksturnya yang gado-gado membuat oleh-oleh khas Bali ini tidak pernah luput dari incaran wisatawan. Kamu bisa pilih berbagai varian topping, mulai dari choco chips, kismis, almon, atau keju.

2. Kacang Disco



Pulau dewata juga punya camilan unik dan asyik banget dijadikan teman nonton tv. Namanya kacang disco. Oleh-oleh khas Bali ini dibuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung yang dicampur bumbu, lalu digoreng hingga kering. Rasanya renyah dan teksturnya kriuk-kriuk banget. Kamu bisa pilih rasa udang, barbeque, pedas-manis, atau rasa manis. Oleh-oleh khas Bali ini lebih enak kalau disantap rame-rame sambil ngobrol atau curhat-curhatan. Kacang disco ini bisa ludes dengan cepat tanpa kamu sadari.

3. Pia Legong



Camilan lain yang juga menjadi oleh-oleh khas Bali adalah Pia Legong. Yang paling unik dan khas dari makanan ini apalagi kalau bukan kemasannya yang bergambar penari Legong. Cara pembuatan pia ini masih tergolong tradisional, alias tanpa bantuan mesin. Dalam proses pembuatannya pun jumlahnya dibatasi. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas agar rasanya tidak berubah. Nggak heran kalau banyak pembeli kecewa berat karena sudah muter-muter mendatangi toko yang menjual camilan ini, tapi setibanya di lokasi ternyata sudah habis. Seperti halnya camilan di atas, Pia Legong juga punya 3 varian rasa, yaitu kacang hijau, cokelat, dan keju. Kalau kamu hobi berat dengan makanan bercitarasa keju, maka Pia Legong wajib dibeli sebagai oleh-oleh khas Bali.

4. Kopi Kintamani



Setelah oleh-oleh khas Bali berupa camilan masuk keranjang, kamu tentu perlu sejenis minuman ‘kan travelers? Buat penggemar kopi, Bali juga punya kopi Kintamani yang sudah mendunia. Pas banget ‘kan? Kopi dari Kintamani punya rasa yang khas banget karena ada taste sedikit asam serta aroma jeruk yang begitu terasa. Hebatnya lagi, kopi Kintamani sudah punya sertifikat Geographical Indication. Itu artinya, kualitasnya sudah memenuhi standar internasional. Kalau kebetulan kamu nggak terlalu suka kopi, ‘kan bisa dikasihkan buat temen-teman kantor. Setuju?

5. Bali Home Spa



Oleh-oleh khas Bali ini khusus diperuntukan buat kalangan ‘ladies’ yang hobi memperhatikan penampilan fisik dan perawatan tubuh. Kamu nggak harus pergi ke spa kok karena kalau dari Bali kamu bawa oleh-oleh home spa, kamu bisa lakukan sendiri di rumah. Murah meriah dan kamu nggak harus ribet keluar. Kalau pengin memutihkan kulit biar kelihatan lebih kinclong atau pengin melunturkan daki-daki alias kotoran yang nempel di kulit, Bali Home Spa ini wajib dibeli. Varian produknya juga macem-macam, ada yang body scrub dan body butter. Kamu tinggal pilih saja varian dan aroma favorit.

6. Kaos Khas Bali

Kaos adalah oleh-oleh khas Bali yang paling gampang di cari. Kalau ada waktu ke Joger atau pusatnya kaos plesetan di Pulau Dewata, itu lebih bagus. Tapi kalau nggak sempet, di berbagai tempat wisata juga ada banyak kios yang menjajakan kaos bertema Bali. Yang paling unik dan khas Bali tentu saja kaos yang ada tema barong. Tahu sendiri ‘kan kalau Bali dikenal dengan kreatifitasnya yang tinggi. Baju barong ini juga nyaman dipakai dan cocok banget dikenakan di rumah buat bersantai ria. Kalau nggak dipakai sendiri, kaos khas Pulau Dewata ini juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Bali buat sodara-sodara atau temanmu.

7. Kerajinan Khas Bali



Yang namanya kerajinan khas Bali pasti bermacam-macam. Ada dalam bentuk tempat lilin, gantungan kunci, lukisan, seni ukir, topeng, dan masih banyak lagi. Kebanyakan kerajinan ini tersedia di pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Sukawati serta daerah di Nusa Dua. Semua orang tahu kalau Bali adalah gudangnya orang kreatif. So kalau kamu lagi ada di sana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bali berbentuk kerajinan tangan. Nggak harus mahal kok, karena kamu bisa beli gelang atau kalung dengan bentuk unik dengan harga terjangkau.

8. Batik Bali



Batik nggak cuma ada di daerah Jawa, seperti Jogjakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon dan lainnya. Tapi kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas Bali berupa Batik. Kalau pengin jadi kolektor, kamu bisa beli dalam bentuk kain memanjang. Tapi kalau pengin produk batik yang sudah jadi, kamu bisa beli kemeja, long dress, gaun, rok, ataupun tas. Model dan warnanya juga keren-keren jadi kamu harus lihai dalam memilih bahan dan menawar harga.
 


Ditayangkan sebelumnya dari situs Pegipegi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait