7 Pura Paling Ikonik di Bali

7 Pura Paling Ikonik di Bali

Selain punya sederet pantai cantik, Bali juga identik dengan pura yang megah dan sarat akan budaya. Belum lagi didukung pemandangan di sekitar pura yang nggak kalah menarik. Yap, nggak terhitung berapa jumlah pura cantik di Bali yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata, meski tidak juga menghilangkan fungsi utamanya sebagai tempat ibadah.Itulah mengapa Bali pun mendapat sebutan pulau seribu pura. Nah, saat kamu berkunjung ke Bali, sempatkan mengunjungi10 pura paling ikonik ini, ya! Tapi ingat, pakai baju yang sopan sebagai tanda kamu menghargai adat dan budaya setempat.

1. Pura Besakih



Kamu mungkin sudah sering mendengar nama Pura Agung Besakih yang letaknya memang di desa Besakih, Karangasem. Terdiri dari satu pusat pura (pura penataran) dan 18 pura pendamping, nggak heran pura ini dinobatkan sebagai pura terbesar di Indonesia. Pura pun terlihat makin megah dengan sederet anak tangga menuju gerbang menuju Pura Penataran Agung Besakih.

2.Pura Uluwatu



Umat Hindu di Bali mempercayai Pura Uluwatu sebagai penyangga sembilan arah mata angin. Terletak di desa Pecatu, Kuta, Badung, Pura Uluwatu terlihat ikonik karena dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Yap, dari atas Pura Uluwatukamu bisa melihat hamparan laut luas berwarna biru jernihyang menakjubkan, travelers. Benar-benar menyegarkan mata!

3. Pura Tanah Lot



Ketika berkunjung ke Tanah Lot kamu akan melihat pura bernama sama di ujung tebing yang menjorok ke laut. Setelah mengunjungi pura, jangan lewatkan mengeksplor dua gua yang saling berhadapan, yaitu gua ular suci dan gua mata air tawar.

Kamu bisa menyentuh ular suci berwarna hitam putih bahkan berfoto sambil memegangnya, dibantu penjaga. Sementara di gua mata air tawar, kamu bisa mencicipi segarnya air yang (anehnya) terasa tawar padahal gua dikelilingi air laut yang asin.

4. Pura Ulun Danu Beratan



Bedugul yang sejuk ternyata memiliki pura yang sangat terkenal, bahkan diabadikan dalam uang pecahan Rp 50.000. Dikelilingi danau Beratan yang cantik, danau ini menjadi sumber air bagi irigasi pertanian untuk area di sekitarnya. Sementara puranya dipercaya menjadi tempat pemujaan Dewi Laksmi, dewi kesuburan dan keindahan. Yap, selain sebagai tempat ibadah, pura cantik ini memang menjadi daya tarik pariwisata di Bedugul. Nggak percaya? Datang langsung dan nikmati keindahannya yang memanjakan mata.

5. Pura Saraswati

Kalau pura yang satu ini terkenal dengan taman air dan teratai cantik, travelers. Kamu bisa melihat pemandangan menyejukkan ini saat menuju gerbang utama pura. Sesuai namanya, Pura Saraswati dibangun untuk memuja Dewi Saraswati, perwujudan ilmu pengetahuan dan seni. Tertarik dengan kecantikan pura yang satu ini? Datang saja ke Ubud, lokasinya nggak jauh dari Monkey Forest pastinya mudah ditemukan, kok.

6. Pura Taman Ayun



Pura Taman Ayun punya sejarah panjang dan termasuk salah satu pura yang tertua. Maklum saja,usia pura yang terletak di Desa Mengwi, Kabupaten Badung ini sudah mencapai 400 tahun! Meski usianya nggak muda, tapi Pura Taman Ayun tetap terlihat indah karena dikelilingi pepohonan rimbun, bunga-bungaan, dan kolam yang mengitari seluruh komplek pura seluas empat hektar. Selain untuk beribadah, komplek pura ini juga memiliki panggung kesenian aneka kerajinan dan museum. Lengkap, kan?

7. Pura Alas Kedaton

Suasana sejuk langsung menyambut saat travelers berkunjung ke Pura Alas Kedaton. Kenapa? Karena pura yang berada di Desa Kukuh, Tabanan ini sangat terjaga kelestariannya. Masyarakat sekitar bahkan pantang menebang pohon sembarangan demi membuat kompleks pura tetap hijau.

Satu lagi yang bikin Pura Alas Kedaton ini ikonik karena di dalamnya hidup ribuan kera dan kelelawar, travelers. Kalau berniat berkunjung ke sini, jangan lupa bawa camilan untuk kera-kera ya


Ditayangkan sebelumnya dari situs Pegipegi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait