Kabardewata.com

Berita Utama

TPID Pantau Harga Sembako Jelang Lebaran

Kategori Berita Utama, July 07, 2014, Dilihat sebanyak 99 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta, berharap agar harga sembako tetap stabil  jelang hari raya idul Fitri. Demikian disampaikannya pada saat operasi Pasar di Pasar Badung dan Kumbasari,di Denpasar. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadinya inflasi yang terlalu signifikan terhadap sejumlah kebutuhan pokok masyarakat wilayah pedesaan maupun perkotaan, sehingga pemerintah khususnya bersama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) mampu melakukan antisipasi terhadap lonjakan harga
 
Dari fakta di lapangan harga  beberapa bahan kebutuhan pokok seperti daging ayam yg mengalami kenaikan 2000 rupiah, dari 25 ribu menjadi 27 ribu, harga daging sapi justru menurun dari 85 ribu menjdi 65 ribu, harga ikan mengalami peningkatan 5 smpe 10 ribu dari harga dasar, dan beberapa jenis sayuran mulai dari kangkung, bayam, kacang panjang, mengalami peningkatan dari harga 1000 meningkat mejadi 1500 per ikatnya.
 
Hal ini terjadi mulai dari minggu lalu, tepatnya di awal bulan puasa. " Harga-harga bahan pokok ini naik turun, seperti daging ayam yang naik dari minggu lalu, klo daging sapi turun. Walaupun harganya turun permintaan dari masyarakat tetap sedikit," ungkap salah satu pedagang. 
 
Sudikerta menduga hal ini terjadi karena faktor cuaca yang buruk dan suasana hari raya. Untuk mengantisipasi hal tersebut Sudikerta akan mengambil langkah-langkah dimana setelah riset dilapangan dilakukan, akan dilanjutkan dengan rapat-rapat dengan pihak-pihak terkait untuk menggulangi hal tersebut
 
Sementara itu ditempat yang sam, demi menjaga ke-stabilan harga hingga memasuki lebaran Kepala perwakilan Bank Indonesia wilayah III Benny Siswanto mengatakan, yang terpenting ada TIPD secara ketat menjaga jalur distribusi hingga produsennya. 
 
"Sampai minggu pertama ada beberapa komuditas yang sekiranya akan naik ternyata malah tidak naik. bahkan daging sapi tadi justru malah menurun karena konsumennya berkurang," ujar benny.

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image