Kabardewata.com

Teknologi

Wow, Replika Tata Surya Raksasa ini Dibangun di Gurun Nevada

Kategori Teknologi, September 27, 2015, Dilihat sebanyak 161 kali, Post oleh Rusadi Nata


Pernahkah Anda membayangkan jarak planet ke planet yang terbentang begitu luas di Tata Surya? Jika Anda sering melihatnya di buku pelajaran atau internet, hal tersebut diperlihatkan langsung oleh sekelompok filmmakers yang menciptakan sebuah replika nyata tata surya yang begitu luas.

Adalah Wylie Overstreet, Alex Gorosh, dan sejumlah rekannya yang menggagas konsep replika Tata Surya ini. Model yang mereka ciptakan diklaim menjadi diorama pertama di dunia dengan bentang skala aktual. Replika tersebut dibangun di gurun Black Rock, Nevada, Amerika Serikat.

Melansir informasi Tech Times, Rabu (23/9/2015), proyek replika Tata Surya tersebut juga direkam di dalam sebuah film dokumenter bertajuk "To Scale: The Solar System". Dengan membuat replika planet berbentuk bola kelereng, mereka mampu membentuk replika Tata Surya tersebut dengan bentang jarak sejauh tujuh mil di dasar sebuah danau kering Nevada.

"Pada dasar danau kering di Nevada, kami membangun model skala pertama dari Tata Surya dengan orbit-orbit planet yang lengkap: sebuah ilustrasi sebenarnya dari tempat kita yang ada di alam semesta," tutur Overstreet.

Tim Overstreet yang beranggotakan lima orang ini pada dasarnya memang ingin memperlihatkan pandangan yang lebih akurat agar orang-orang bisa mengira seperti apa `besarnya` Tata Surya. Namun, jarak antar planet dihitung secara relatif oleh Overstreet dan rekannya.

"Jika Anda menempatkan orbit-orbit ini untuk skala pada selembar kertas, ukuran planet-planet tersebut justru menjadi mikroskopis, dan Anda tidak akan dapat melihatnya," tambahnya.

Dalam model skala relatif yang mereka buat, Merkurius, Venus, dan Bumi, masing-masing memiliki bentang jarak 224 kaki, 447 kaki, dan 579 kaki jauhnya dari matahari. Sementara, Neptunus memiliki bentang 3,5 mil, Jupiter 0,57 mil, Saturnus 1,1 mil, dan Uranus 2.1 mil.

Namun kenyataannya, Bumi memiliki bentang jarak 93 juta mil dari matahari, sementara Neptunus memiliki jarak 2,7 miliar mil, bisa dibayangkan betapa megahnya Tata Surya kita, bukan? 

 

lihat vidionya disini


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image