Kabardewata.com

Teknologi

Ternyata Benar, Android Mencontek iPhone

Kategori Teknologi, April 21, 2014, Dilihat sebanyak 108 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Steve Jobs pernah mengatakan semasa hidupnya, bahwa Android adalah ponsel yang menjiplak sistem operasi iOS pada iPhone. Dan ternyata, berdasarkan sebuah dokumen yang bocor, Android memang terlihat mengikuti sistem operasi buatan sang jenius Apple, Jobs.

Kembali ke tahun 2007, saat Apple merilis ponsel andalannya yang pertama, iPhone, Android sebelumnya memang sudah membuat ponsel sendiri. Hal itu diakui oleh Andy Rubin yang pernah mengatakan, "Sebelum iPhone dirilis, kami sudah lebih dulu menciptakan ponsel Android. Hanya saja masih jauh dari kata sempurna,"

Rubin merasa minder dengan peluncuran iPhone pertama oleh Jobs. Oleh karena itu kreator OS Android tersebut mengurungkan niat untuk memamerkan ponsel ciptaannya, melainkan lebih memilih mengembangkan ponselnya lebih baik lagi. Tahukah, pada saat itu, ponsel Android belum menggunakan fitur layar sentuh.

Berdasarkan dokumen bernama Android Software Functional Requirements tertanggal 6 Juli 2006, rahasia itu terungkap. Pada 2006, Android sudah tercipta. Namun ponsel pertama itu menggunakan keyboard Qwerty dan berbagai tombol fungsional seperti perangkat BlackBerry, ponsel yang sedang jaya-jayanya saat itu.

Dalam lembaran dokumen tersebut terdapat poin yang menekankan bahwa ponsel Android tak memiliki fitur layar sentuh seperti sekarang ini. "(fitur)Layar sentuh tak akan mendukung," begitu tulis Google pada 2006 pada dokumen spesifikasi Android.

"Produk ini dirancang dengan kehadiran tombol fisik diskrit sebagai asumsi. Namun, tidak ada yang mendasar dalam arsitektur produk yang mencegah dukungan sentuh di masa depan," demikian keterangan lengkapnya mengenai ponsel pertama Android.

Namun keterangan tersebut berubah pada dokumen selanjutnya. "Teknologi layar sentuh untuk navigasi menggunakan jari, termasuk kemampuan multi sentuh, dibutuhkan. Navigasi menggunakan stylus tak diberikan," demikian keterangan yang tertulis pada dokumen tertanggal 10 November 2007. Dokumen ini dibuat setelah hampir lima bulan sejak iPhone perdana dari Apple diperkenalkan pada publik. Jobs, sang maestro pencipta iPhone, meluncurkan iPhone kebanggaannya pada 29 Juni 2007.

Pada perbedaan kedua dokumen tersebut terlihat jelas, bahwa perubahan ponsel Android yang pertama terlihat sangat signifikan setelah Apple meluncurkan ponsel pintar iPhone pertamanya. Demikian seperti dilansir PhoneArena, Rabu (16/4/2014).


http://techno.okezone.com/read/2014/04/15/57/970735/ternyata-benar-android-mencontek-iphone


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image