Kabardewata.com

Teknologi

Tatoo Elektronik, Bisa Mengubah Kulit Manusia Menjadi Sebuah Monitor

Kategori Teknologi, April 20, 2016, Dilihat sebanyak 113 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Perangkat wearable didesain sehingga mudah untuk dipakai dan tidak terlalu membuat ribet penggunanya. Dan untuk meningkatkan kemudahan dalam pemakaian perangkat wearable tersebut, kini teknologi terbaru pun telah diciptakan yang berguna untuk menggantikan keberadaan monitor pada sebuah perangkat wearable. Sebagai gantinya, display sebuah perangkat wearable nantinya bisa ditampilkan pada kulit secara langsung.

Perkembangan menuju ke konsep seperti itu memang masih cukup jauh. Namun saat ini terdapat sebuah langkah awal untuk bisa menggantikan keberadaan monitor dengan kulit manusia. Caranya adalah dengan memanfaatkan tatoo elektronik yang nantinya akan membuat kulit manusia tak ubahnya berfungsi sebagai sebuah monitor.

Tatoo elektronik ini adalah hasil kreasi para peneliti yang berasal dari Universitas Tokyo. Tatoo elektronik ini dibuat dalam sebuah lapisan berukuran super tipis, tak kurang dari 3 milimeter yang bisa secara langsung ditempelkan pada kulit. Lapisan ini pun diklaim mampu bertahan selama lebih dari satu hari, hampir mirip dengan tatoo temporer. Tatoo elektronik ini pun telah dilengkapi dengan lapisan pelindung yang menjaga agar tatoo elektronik terhindar dari udara ataupun uap air.

Untuk saat ini, para peneliti pun telah berhasil menciptakan sebuah prototype tatoo elektronik yang bisa menampilkan tekanan darah pada tubuh. Mereka pun memanfaatkan bahan polymer light-emitting diode (PLED) sebagai sensor yang membaca tekanan darah dalam tubuh. Selanjutnya, hasil pembacaan akan ditampilkan pada lapisan yang berukuran lebih besar.


Sumber: BeritaTeknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image