Kabardewata.com

Teknologi

Speaker Bluetooth Xiaomi Ketahuan Menjiplak Desain Jawbone

Kategori Teknologi, August 24, 2016, Dilihat sebanyak 134 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Xiaomi kini tak lagi dikenal sebagai produsen smartphone belaka. Berbagai produk elektronik lain juga diluncurkan oleh perusahaan Cina tersebut. Termasuk di antaranya adalah speaker Bluetooth yang bernama Xiaomi Mi Square Box Bluetooth. Sayangnya, produk tersebut ternyata bukan murni buatan Xiaomi, tapi hasil menjiplak produk perusahaan lain.

Jawbone yang dikenal sebagai produsen berbagai perangkat wearable pun menuduh kalau Xiaomi melakukan aktivitas plagiarisme dengan peluncuran speaker Bluetooth tersebut. Sebagai buktinya, Jawbone pun melampirkan foto speaker miliknya yang bernama Jawbone Mini Jambox dengan Xiaomi Square Box Bluettooh. Nampak dari foto tersebut, kedua peranti elektronik ini mempunyai penampilan yang sama persis. Tak hanya dari segi desain, kedua speaker Bluetooth itu juga memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Tidak heran kalau Jawbone mencak-mencak dengan aksi plagiarisme Xiaomi ini.

Aktivitas plagiarisme yang dilakukan oleh Xiaomi bukanlah kali pertama. Sebelumnya, mereka juga dianggap melakukan penjiplakan desain serupa pada saat meluncurkan Mi Notebook Air. Produk yang dijiplak tak lain dan tak bukan adalah Macbook milik Apple. Desainer senior Apple Jhony Ive pun sangat marah dengan kelakuan Xiaomi. Bahkan Ive menyebut Xiaomi sebagai perusahaan yang malas dan hanya bisa mencuri desain milik perusahaan lain. Lalu, bagaimana dengna reaksi Xiaomi setelah mereka dituduh melakukan aksi penjiplakan? Tidak jauh berbeda ketika mereka dituduh mencuri desain oleh Apple. Xiaomi memilih diam dan hingga kini belum memberikan keterangan resmi terkait tuduhan Jawbone ini.


Sumber: Beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image