Sinyal Radio Ternyata bisa Dimanfaatkan untuk Mengisi Baterai Smartphone

Sinyal Radio Ternyata bisa Dimanfaatkan untuk Mengisi Baterai Smartphone

Cara mengisi baterai smartphone kini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Saat ini, cukup banyak ponsel di pasaran yang hadir dengan teknologi wireless charging. Dan kini sebuah penemuan oleh para peneliti dari Universitas Ohio State pun membuktikan kalau sinyal radio bisa dipakai sebagai sarana untuk mengisi baterai smartphone.

Ide awal dari pemanfaatan sinyal radio untuk pengisian baterai smartphone ini adalah adanya efektivitas sinyal radio yang ternyata sangat rendah. Mereka pun menemukan kalau sebanyak 97 persen sinyal radio tak pernah diterima oleh receiver dan terbuang di udara. Dan mereka pun ingin memanfaatkan sinyal terbuang tersebut.

Tentu saja sinyal tersebut juga bisa dijumpai pada perangkat smartphone. Dan dengan menggunakan sinyal terbuang tersebut, para peneliti pun berhasil mengisi baterai smartphone hingga 30 persen. Jumlah energi yang berhasil dimanfaatkan pun bergantung pada pola penggunaan smartphone.

Energi hanya bisa diperoleh pada saat ponsel digunakan untuk berkomunikasi. Contohnya pada saat berselancar di internet, melakukan panggilan suara, bermain game online ataupun melakukan percakapan di aplikasi messenger. Namun hal ini tentunya tidak akan berlaku jika bermain game offline atau aplikasi offline.

 

Sumber: Beritateknologi

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait