Kabardewata.com

Teknologi

Seluruh Kabupaten dan Kotamadya Bakal Terhubung Broadband di 2019

Kategori Teknologi, December 14, 2015, Dilihat sebanyak 103 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Dalam rangka memperluas ketersediaan broadband (pita lebar) ke seluruh wilayah Indonesia, pemerintah menggarap proyek bertajuk 'Palapa Ring'. Melalui Palapa Ring, semua ibu kota kabupaten dan kotamadya di Indonesia akan terhubung ke broadband pada 2019 mendatang.

"Target kami semua ibu kota kabupaten dan kotamadya sudah terhubung broadband di 2019 nanti," ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, saat ditemui Tekno Liputan6.com di sela-sela gelaran Momentum Revolusi Digital Indonesia, di Jakarta, Jumat (11/12/2015) kemarin.

Rudiantara juga mengatakan bahwa dalam proyek Palapa Ring ini pemerintah memberikan jaminan untuk 57 kabupaten dan kotamadya.

Sekadar diketahui, Palapa Ring merupakan proyek pembangunan serat optik nasional yang menjangkau 33 provinsi dan 440 kabupaten di seluruh Indonesia. 

"Tidak semuanya secara keuangan feasible. Karenanya, pemerintah memberikan jaminan untuk 57 kabupaten dan ibu kota, dibangun dengan jaminan pendapatan pemerintah dari Menteri Keuangan," terang pria kelahiran Bogor tersebut.

Diungkapkannya lebih lanjut, proses tender Palapa Ring sudah mulai berjalan, dan pihaknya menargetkan proyek ini akan selesai pada akhir 2018 mendatang.

"Proses tender sudah dimulai, dan pengumuman ditargetkan pada Maret 2016. Kemudian pada 2018 akhir (pengerjaan proyek Palapa Ring) sudah selesai semua. Jadi 2019 itu ibukota kabupaten dan kotamadya di seluruh Indonesia sudah terhubung broadband," tegas Rudi.

 


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image