Kabardewata.com

Teknologi

Robot Pembalap Ini Kelak jadi `Rival` Berat Valentino Rossi

Kategori Teknologi, November 02, 2015, Dilihat sebanyak 166 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Tokyo - Jepang memang terkenal sebagai salah satu negara pencipta robot terbesar di dunia. Kali ini, sebuah robot humanoid diciptakan oleh raksasa industri sepeda motor, Yamaha. Robot tersebut dinilai unik karena dirancang khusus untuk berlaga mengendalikan motor sport di sirkuit.

Bertempat di gelaran Tokyo Motor Show, Jepang, Yamaha mengumumkan robot `pembalap`nya yang bernama Motobot pada Rabu lalu, 28 Oktober 2015.

Robot ini diklaim menjadi robot humanoid pertama yang bisa mengendarai sepeda motor. Bahkan, digadang-gadang kelak akan menjadi robot yang memiliki kemampuan sama seperti pembalap fenomenal, Valentino Rossi.

Tampilan Motobot persis menyerupai manusia yang mengendari motor sport dengan balutan baja biru dan silver. Diungkap, Motobot yang menampakkan diri di pameran otomotif tersebut merupakan versi pertama dan telah lolos melewati serangkaian uji coba.

Menurut informasi yang dilansir Mashable, Minggu (1/11/2015), Yamaha menjelaskan bahwa Motobot bisa menempuh kecepatan lebih dari 200 km/jam. Namun sangat memungkinkan jika kecepatan robot ini ditingkatkan dengan modifikasi lebih lanjut.

"Motobot bisa mengendalikan gerakan secara kompleks, kami juga menggunakan sistem kontrol dengan tingkat akurasi tinggi. Kami juga ingin menerapkan teknologi dan pengetahuan yang diperoleh untuk diterapkan ke dalam bisnis kami dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan aspek keselamatan dan dukungan ke pengendara," tutur pihak Yamaha lewat keterangan resminya.

Meski memang sudah dipamerkan, bukan berarti Motobot siap melaju di sirkuit balap. Yamaha mengatakan, robot pembalap tersebut masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut.

Pun begitu, robot ini sudah muncul lewat sebuah video promosi yang beredar di iklan TV swasta Jepang. Di video tersebut, Motobot seolah-olah menantang Valentino Rossi. "Saya meningkatkan keahlian saya setiap hari. Saya bukan manusia, tetapi saya yakin saya bisa mengalahkan kamu. Saya Motobot. Saya diciptakan untuk mengalahkan kamu," kata suara robot pembalap di akhir video tersebut.

 

lihat vidionya disini


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image