Kabardewata.com

Teknologi

Robot Trilingual bakal Menyambut Kedatangan Turis di Bandara Tokyo Jepang

Kategori Teknologi, February 12, 2016, Dilihat sebanyak 142 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Penggunaan tenaga robot untuk berbagai tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia bukanlah sesuatu hal yang baru. Bahkan kini robot pun dapat pula digunakan sebagai sosok penerima tamu. Hal inilah yang dilakukan oleh negara Jepang untuk menyambut kedatangan para turis di Bandara Internasional Haneda Tokyo.

Di bandara ini, pemerintah Jepang menempatkan robot humanoid NAO yang bertugas untuk menyambut kedatangan para traveler. Unik memang. Terlebih lagi robot ini juga mempunyai kemampuan berbicara dalam tiga bahasa, yakni bahasa Jepang, Inggris dan terakhir adalah bahasa Mandarin.

Namun kemampuan menjawab pertanyaan dari robot NAO ini masih sangat terbatas. Seperti dikutip dari Mashable, robot NAO ini hanya mampu menjawat tujuh jenis pertanyaan. Robot ini pun didesain mampu melakukan gerakan yang menggemaskan untuk memberi pengumuman kepada para penumpang. Terlebih pengumuman terkait waktu boarding dan cek keamanan.

Dari tiga bahasa yang dikuasainya, robot NAO ini mempunyai kecakapan lebih dalam berbicara bahasa Jepang. Dan tujuh pertanyaan yang bisa dijawab oleh robot setinggi 60 sentimeter ini antara lain adalah terkait waktu boarding hingga kondisi cuaca di destinasi perjalanan.

Keberadaan robot NAO ini masih dalam tahap pengujian, dan menurut rencana robot ini akan secara resmi diterjunkan ke lapangan pada minggu depan. Pihak Japan Airlines memang secara khusus menyediakan robot NAO ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama hari libur tahun baru Cina. Jadi tak heran kalau robot ini didesain mampu berbahasa Mandarin. 


Sumber: beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image