Petuah Bill Gates Untuk Para Anak Muda

Petuah Bill Gates Untuk Para Anak Muda

 Apa sifat yang dibutuhkan anak muda untuk sukses? Jika jawabannya dikemukakan Bill Gates, tentu pantas disimak. Apa katanya?

Menurut pendiri Microsoft yang orang terkaya dunia itu, sifat vital untuk mencapai sukses adalah kepercayaan diri. Karena kepercayaan diri memberikan keberanian untuk mengatasi tantangan, juga membantu dalam menemukan passion.

Gates berkisah, sejak kecil sudah punya passion dengan komputer dan software. Namun jika tidak memiliki kepercayaan diri, passion itu akan menguap begitu saja. Ia juga menambahkan pentingnya punya dukungan dari orang dewasa.

"Dari usia muda, idealnya kamu punya orang dewasa yang suka padamu dan berada di belakangmu, yang mendukungmu apapun yang terjadi. Itu akan memberikanmu cukup kepercayaan diri dalam pencarianmu," sebut Gates yang dikutip detikINET dari CNBC.

Memang tidak semua orang langsung memiliki passion yang ingin dikejar. Tapi selama punya kepercayaan diri, hal itu bukan masalah.

"Kepercayaan diri adalah hal utama dan kemudian menemukan passion-mu adalah petualangan, pencarian yang mungkin butuh waktu. Berubah-ubah dalam hidupmu," ujar Gates.

Namun memang memiliki rasa percaya diri tidaklah gampang. Kadang harus berpura-pura sampai benar-benar memilikinya. Itu yang dulu dilakukan Gates pada tahun 1975 ketika merintis Microsoft.

Kala itu, diluncurkan komputer komersial pertama Altair. Gates dan rekannya pendiri Microsoft, Paul Allen, menghubungi pihak Altair bahwa mereka telah menciptakan bahasa pemrograman yang dapat berjalan di komputer itu. Padahal mereka tidak punya dan belum membuat apa-apa. 

Namun mereka tetap coba percaya diri menawarkanya dan membuat Presiden Altair tertarik. Maka mereka pun bekerja siang malam menciptakannya dan akhirnya dua bulan kemudian, berhasil mendemonstrasikan bahwa program itu bekerja di Altair. Itulah awal mulanya mereka mendirikan Microsoft yang kemudian jadi salah satu perusahaan tersukses di dunia.    


Ditayangkan sebelumnya dari situs inet.detik.com
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait