Kabardewata.com

Teknologi

Peneliti Ingin Buat Tangan Robotik Semirip Tangan Asli

Kategori Teknologi, March 02, 2016, Dilihat sebanyak 95 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Baru-baru ini, sepasang peneliti dikabarkan telah berhasil membuat tangan robotik yang memiliki ketangkasan layaknya tangan manusia.  Namun, tak cukup sampai di situ, para peneliti tersebut juga berencana menambahkan jaringan otot untuk membuat tangan robotik itu semakin mirip tangan manusia. Nantinya, jika proyek ini berhasil bukan tidak mungkin para peneliti akan berhasil membuat sebuah 'tangan' yang benar-benar baru, dengan kulit dan kemampuan lainnya.

"Kami sangat optimistis dengan konsep ini dan berenana untuk membuat konsep ini secepat mungkin menjadi nyata," ujar Zhe Xu, salah seorang pendiri proyek ini dan berasal dari Yale University, seperti dikutip dari laman Business Insider. Kendati demikian, Xu mengungkapkan dirinnya belum bertemu dengan ahli biologi untuk mengembangkan teknologi ini. Namun, ia memastikan bahwa proyek ini telah berhasil menyedot perhatian banyak pihak dan mampu dikembangkan lebih lanjut.

Xu membuat tangan robotik ini bersama dengan rekannya, Emanuel Todorov, seorang peneliti asal University of Washington. Untuk membuat tangan robotik ini terasa hidup, kedua peneliti tersebut menyematkan fungsi tangan dengan pemindai laser dan tulang buatan hasil cetak 3D. Tak hanya itu, tangan robotik ini juga didukung dengan material tahan lama yang disebut Spectra, dan karet khusus yang dibentuk layaknya jaringan manusia. Lengan robotik ini dioperasikan secara nirkabel dengan sarung tangan yang sudah dilengkapi berbagai macam sensor.
Berdasarkan uji coba awal, tangan robotik ini sudah dapat menjalankan fungsi tangan dasar, seperti menggenggam barang. Selain itu, Xu juga menuturkan bahwa nantinya tangan robotik ini dapat digunakan untuk misi luar angkasa. 

Jadi, para astronot dapat menggunakan tangan ini mendukung kegiatan di luar angkasa, tanpa perlu meninggalkan pesawat. Namun, Xu belum bisa memastikan kapan lengan robotik ini sudah dapat digunakan untuk keperluan kesehatan dan misi luar angkasa.


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image