Mozilla Resmi Hentikan Pengembangan Firefox OS Untuk Smartphone

Mozilla Resmi Hentikan Pengembangan Firefox OS Untuk Smartphone

Beberapa bulan yang lalu, Mozilla sempat memberikan keterangan bahwa pihaknya tidak akan meluncurkan produk smarphone, namun akan tetap mengembangkan sistem operasi Firefox OS untuk sementara waktu. Namun ternyata perusahaan non-profit itu malah menghentikan pengembangan untuk sistem operasi kembangannya.

 

Mengutip laporan dari Softpedia, Jumat (5/1/2016), perusahaan telah menegaskan bahwa akan menghentikan pengembangan setelah rilisnya Firefox OS versi 2.6. Selain itu, Mozilla juga sempat memberikan keterangan bawha pada 29 Maret nanti, Marketplace tidak akan menerima lagi kiriman lagi untuk Android, Desktop maupun tablet.

Mozilla juga menghapus semua aplikasi yang tidak mendukung Firefox OS. Namun anehnya, aplikasi yang kompatibel dengan Firefox OS akan tetap diterima hingga 2017 nanti, karena perusahaan belum memutuskan tanggal ketika mereka akan berhenti menerima aplikasi ini di Marketplace.

Menurut Mozilla, keputusan yang dibuat saat ini adalah substansial, dan alasan utama mereka telah mengambil keputusan ini untuk memastikan perusahaan dapat memfokuskan semua sumber daya pada inisiatif “membawa kekuatan web untuk IoT.”

Mozilla juga menyoroti fakta bahwa Firefox OS tidak begitu memiliki banyak pengikut, karena memang dukungan perangkat low-budget untuk perangkat ini memang sedikit. Ke depan, Mozilla menegaskan kembali dukungannya terhadap IoT (Internet of Things) dan berjanji untuk membuat dampak yang lebih besar pada sektor ini dalam beberapa tahun mendatang. 


Ilustrasi Mozilla Firefox OS mobile

Intinya, setelah sistem operasi Firefox OS 2.6 meluncur pada bulan Mei mendatang, smartphone yang didukung sistem operasi ini tidak akan memiliki keterlibatan lagi dengan staf perusahaan.


Ditayangkan sebelumnya dari situs beritateknologi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait