Kabardewata.com

Teknologi

Mengenal Kendaraan Masa Depan Terrafugia TF-X, Mobil yang Bisa Melayang Tanpa Suara

Kategori Teknologi, July 17, 2016, Dilihat sebanyak 199 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Berbagai macam kendaraan masa depan mulai dikembangkan saat ini, salah satu yang paling menarik adalah kendaraan mobile Terrafugia TF-X. Kendaraan masa depan tersebut merupakan buatan Amerika Serikat yang memiliki keunggulan lebih karena diklaim mampu terbang, bahkan beroperasi di tengah cuaca ekstrim seperti, badai hujan.

Mobil yang memiliki kemampuan melayang di udara ini berfokus pada sektor angkutan super cepat yang mengutamakan keamanan, kesederhanaan, dan kemudahan transportasi pribadi. Ini didasarkan pada penduduk bumi yang mulai jenuh dengan berbagai kemacetan lalu lintas yang sangat menguras tenaga. Tentu konsep mobil ini masih dikembangkan dan memerlukan waktu yang cukup lama, yakni 7 hinga 11 tahun lagi.

Namun pemesanan mobil super canggih ini sudah bisa dilakukan untuk saat ini. Bicara soal harga, pabrikan TF-X hanya menuliskan ‘akan konsisten dengan mobil mewah high-end’. Informasi soal harga yang lebih spesifik akan tersedia secepatnya, atau ketika memasuki masa produksi massal.

errafugia TF-X ini diklaim memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 700 km dengan kecepatan jelajah hingga 300 kilometer per jam. Mobil ini dapat secara otomatis menghindari pemakaian lalu lintas udara lain, seperti cuaca buruk, wilayah udara terbatas dan lain-lain. Selain itu, menerbangkan kendaaraan ini juga tidak memerlukan izin dari otoritas penerbangan.

Sebagai fitur keamanan, TF-X juga memiliki sistem parasut dan mesin cadangan yang dapat diaktifkan oleh operator ketika dalam keadaan darurat. Jika operator tidak mampu memberikan tanggapan yang responsif, maka secara otomatis TF-X akan menerapkan pendaratan darurat di bandara terdekat. Anda juga tidak perlu sekolah pilot untuk menerbangkan kendaraan ini, karena tidak dibutuhkan jam latih tinggi.

Kendaraan ini mampu memboyong empat penumpang sekaligus, layaknya mobil sedan. Meski ukuran cukup bongsor, namun masih bisa diparkir ke dalam garasi mobil. Berbeda dengan pesawat, TF-X ini lepas landas secara vertikal layaknya helikopter, dengan helipad berukuran 20×20 meter. Anda pun juga bisa mengendarai TF-X ini layaknya mobil konvensional di jalanan umum.

Meski harga akhir dari mobil ini belum diungkapkan hingga memasuki masa produksi, namun diperkirakan harganya akan setara dengan mobil mewah atau mobil sport yang ada saat ini. Jika permintaan mengalami peningkatan, bahan-bahan baru dan proses manufaktur pasti akan dikembangkan sehingga harga dapat ditekan.

Mobil ini menggunakan tenaga listrik sebagai sumber dayanya. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan suara bising, seperti mesin kendaaraan bahan bakal fosil. Untuk mengisi daya tinggal colokan ke sambungan pengisi daya listrik yang sudah disediakan.

Bagaimana? Kendaraan yang sangat keren bukan? Tentu kita harus lebih bersabar hingga Terrafigua TF-X ini benar-benar hadir secara nyata, karena masih memerlukan beberapa tahun lagi hingga terealisasi.


Sumber: Beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image