Kabardewata.com

Teknologi

Manfaatkan Potensi Tenaga Surya, Google Kembangkan Project Sunroof

Kategori Teknologi, August 21, 2015, Dilihat sebanyak 106 kali, Post oleh Rusadi Nata


Google memang dikenal sebagai perusahaan teknologi yang terus menciptakan inovasi baru. Kali ini, perushaan pencari raksasa ini mengembangkan proyek barunya yaitu Google Project Sunroof. Pada proyek barunya itu Google memetakan lokasi-lokasi yang ideal mendapatkan sinar matahari yang optimal pada atap-atap bangunan.

Google juga telah meluncrukan website yang nantinya akan memberikan solusi kepada masyarakat tentang apa saja manfaat menerapkan teknologi panel surya di atas atap rumah atau bangunan. Google Sunroof telah menggabungkan data peta dan aerial yang nantinya akan dapat mencari dimana sumber energi sinar terbaik dengan memanfaatkan Google Maps, struktur atap model 3D, sejarah awan, dan pola suhu serta bayangan yang dihasilkan bangunan sekitar.

 

Untuk menggunakan layanan Project Sunroof, kita hanya perlu memasukan alamat di kolom pada website Project Sunroof. Nantinya Project Sunroof akan menampilkan peta dari gambar satelit yang mendapatkan energi sinar matahari paling banyak pada atap bangunan. Google juga akan menampilkan daftar seberapa besar energi yang dapat dikumpulkan per tahun dan seberapa luas area yang cukup untuk menampung panel surya.

Pada bagian bawah Google akan menawarkan daftar pilihan terkait dengan biaya penginstalan panel surya serta akan menghubungkan dengan perusahaan penyedia panel tenaga surya yang terdekat.

Namun area jangkauan Project ini masih terbatas dan untuk saat ini baru tersedia di San Fransisco Bay Area, Fresno, California dan Boston. Karena Project Sunroof merupakan proyek yang masih baru, nantinya Google akan memperluas area cakupannya ke seluruh Amerika dan berharap akan meluas ke seluruh dunia.

Suatu inovasi baru tentunya dikembangkan agar kedepannya akan membawa manfaat yang lebih berharga.


Sumber: beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image