Kabardewata.com

Teknologi

Konsol SNES Ini Dibiarkan Menyala Hingga 20 Tahun

Kategori Teknologi, January 09, 2016, Dilihat sebanyak 127 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bagaimana cara mengetahui kalau seseorang itu gamer sejati? Hal yang dilakukan oleh gamer asal Jepang ini masuk dalam kategori gamer sejati. 

Tidak ingin save-an data game-nya hilang, pria ini tetap menyalakan konsol Super Nintendo yang dimilikinya selama 20 tahun.

Tidak seperti konsol-konsol game saat ini yang menawarkan fitur saving, konsol SNES –yang cukup populer di 90an- tidak memiliki fitur ini dan akan hilang datanya saat baterai pada katrid mati. 

Melalui akun Twitter-nya, pria bernama Wanikun itu memutuskan untuk tidak akan pernah mematikan konsolnya hingga saat ini yaitu sekitar 180.000 jam atau lebih tepatnya 20 tahun, 6 bulan, 2 minggu, 3 hari, 8 jam 39 menit.

Ia tidak ingin game berjudul Umihara Kawase yang sudah dimainkan selama ini hilang begitu saja. Seperti yang dilansir dari Gamerant, Jumat (8/1/2015), Wanikun sempat mematikan konsolnya sekali saat akan pindah rumah, yang mana untungnya baterai dalam katrid dapat bertahan cukup lama sehingga data game tidak hilang. 


Super Nintendo (SNES)

Katrid game pada konsol SNES sendiri menggunakan Static RAM (SRAM) yang ditenagai dengan baterai lithium-ion. Jadi, walau konsol dimatikan atau katrid gamedicopot dari konsol, data game terakhir tetap tersimpan utuh yang tentunya akan mengurangi daya baterai bertahap. 

Untuk mengatasi hal ini, biasanya developer menyediakan fitur kode pada tiap akhir stagedalam game. Jika tidak ada, maka gamer terpaksa menamatkan game dalam satu hari atau pause game dengan posisi konsol tetap menyala.

Umihara Kawase sendiri merupakan game yang hanya rilis di Jepang pada Desember 1994. Game ini mengisahkan tentang seorang anak sekolah berumur 19 tahun yang tersesat dalam dunia penuh monster-monster mutan.

Ini bukanlah satu-satunya berita unik yang bersangkutan dengan Super Nintendo. Pada pertengahan 2015, sebuah konsol hybrid prototype Playstation/Nintendo yang langka muncul di publik, dan beberapa katrid kopian game E.T dilelang di situs belanja onlineeBay dengan harga cukup tinggi. 


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image