Kemenpar Rancang Pemasaran Luar Negeri Melalui Digital

Kemenpar Rancang Pemasaran Luar Negeri Melalui Digital

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Prof. I Gede Pitana kepada RRI, di Kabar Dewata baru-baru ini di Jimbaran, menyatakan dengan postur anggaran yang memadai, membuat pihaknya lebih dinamis dalam melakukan pemasaran dari berbagai lini. Bahkan untuk tahun 2017, Kementrian Pariwisata sudah merancang sejumlah program pemasaran luar negeri seperti melalui digital, media elektronik, mengikuti sejumlah event festival dan trafex, serta memanfaatkan media ruang. 

Sedangkan untuk fokus utama promosi wisata luar negeri tahun depan adalah melalui digital atau online. Upaya tersebut dilakukan, karena hampir 70% calon wisatawan mancanegara memanfaatkan sarana digital sebelum memutuskan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

 "Berdasarkan studi kami, itu sekarang itu hampir 70 persen orang-orang melakukan perjalanan itu bertanya kepada media digital, kepada HPnya, kepada laptopnya, kepada tabletnya. Nah tren seperti ini, apalagi untuk generasi milenial, dan generasi Y, maupun generasi Z itu harus kita tangkap. Mereka adalah future customer kita. Jadi pertanyaan tadi secara singkat, kita Go Digital," tegasnya. 

 Meski demikian, Prof. I Gede Pitana mengaku, Kemenpar masih fokus dalam menggarap 30% pasar yang setia menggunakan pola-pola konvensional. Berbicara efektivitas branding "Wonderful Indonesia" dalam memperkenalkan pariwisata Tanah Air ke mancanegara, Pitana mengungkapkan, brand tersebut sangat efektif dalam menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia. 

Bahkan hasil penelitian World Economic Forum (WEF) mencatat, Nation Branding Indonesia menempati posisi ke-47 dari 143 negara di Dunia. Sedangkan untuk ditataran Asia Tenggara, Country Branding Indonesia hanya kalah dari Singapura, akan tetapi mampu mengungguli rival terberat Thailand dan Malaysia

 
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait