Kabardewata.com

Teknologi

Kecerdasan Artificial Intelligence Setara IQ Bocah 4 Tahun

Kategori Teknologi, October 12, 2015, Dilihat sebanyak 141 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pengembangan artificial intelligence (AI) yang semakin pesat sekarang ini ternyata mendorong teknologi kecerdasan buatan dapat berkembang lebih pintar dari saat ini.

Hal ini dibuktikan dengan tes IQ terhadap sebuah sistem artificial intelligence yang dilakukan oleh beberapa peneliti, yang menemukan bahwa artificial intelligence memiliki kecerdasan setara anak umur 4 tahun.

Sistem artificial intelligence yang diberi nama ConceptNet ini dites menggunakan tes IQ yang sama dengan yang diberikan untuk manusia. ConceptNet sendiri merupakan sebuah proyek komputasi open-source yang dijalankan oleh sebuah divisi penelitian dari MIT.

Dari hasil penghitungan, diketahui bahwa ternyata artificial intelligence tersebut memiliki hasil nilai yang sama dengan seorang anak kecil. Demikian dikutip dari laman Mirror, Minggu (11/10/2015).

"Kami (peneliti) menemukan bahwa tes psychometric WPPSI-III VIQ yang diberikan untuk ConceptNet ternyata menghasilkan nilai yang sama dengan nilai yang rata-rata diperoleh oleh anak berumur 4 tahun," ungkap anggota peneliti dari University of Illinois, Chicago.

Hal ini dipastikan setelah nilai ConceptNet dibandingkan dengan nilai yang diperoleh anak-anak yang berumur lebih tua, ternyata ConceptNet memiliki nilai yang buruk terutama saat dibandingkan dengan nilai dari anak berumur 7 tahun.

Sebelumnya, beberapa peneliti juga berhasil menemukan penjelasan bahwa teknologi kecerdasarn buatan, seperti yang ada di Siri dapat meningkatkan kemampuan bahasanya secara alami di masa depan. Meskipun diperkirakan untuk mencapai hal tersebut masih menunggu penelitian terkait artificial intelligence lebih lanjut.

Namun, kemampuan belajar dari teknologi artificial intelligence inilah yang bagi sebagian orang merupakan hal berbahaya. Elon Musk dan fisikawan Stephen Hawking berpendapat kemampuan artificial intelligence yang semakin pintar malah dapat mengancam keberlangsungan manusia, sebab diperkirakan nantinya teknologi tersebut dapat memiliki kemampuan melebihi manusia.


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image