Kabardewata.com

Teknologi

Ini Cara Kerja BB-8, Robot Bola Star Wars yang Menggemaskan

Kategori Teknologi, December 28, 2015, Dilihat sebanyak 225 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Sudah lewat sepekan film terbaru Star Wars -- Star Wars: The Force Awakens -- ditayangkan di bioskop seluruh dunia. Animo para penggemar pun begitu menggebu menyambut bagaimana kisah kelanjutan Luke Skywalker, Han Solo dan yang lainnya bergulir di seri epik teranyar besutan sutradara J.J. Abrams itu.

Yang menjadi daya tarik Episode VII Star Wars ini, selain kedua karakter kawakan tersebut adalah hadirnya deretan tokoh baru, Rey dan Finn, serta robot droid BB-8 yang begitu lucu dan menggemaskan.

Ya, meski robot R2-D2 (robot kawakan Star Wars yang muncul di seri film pertama) tidak muncul terlalu banyak di film ini, rasa rindu para penonton terhadap droid di jagat Star Wars tetap terobati dengan hadirnya BB-8, robot bola yang sebetulnya memiliki fungsi serupa dengan R2-D2. 

Robot bola berwarna putih dan orange ini pun diklaim bisa bergerak lebih gesit dari R2-D2, jika kebanyakan dari Anda bertanya-tanya bagaimana cara robot ini bekerja, seorang analis dari Tech Crunch punya jawabannya.

Menurut yang dilansir Daily Mail dari Tech Crunch, Senin (28/12/2015), meski robot tersebut tidak hadir secara nyata di film, namun mereka punya teori bagaimana BB-8 bisa bergerak. 

Diungkap, droid ini beroperasi dengan dua fitur terpisah untuk bagian kepala dan bola (tubuhnya).

Robot yang merupakan hasil paten Disney dengan mitranya, Sphero tersebut menghadirkan fitur penunjang terkuat di bagian kepalanya untuk bisa menopang bola tubuhnya. 

Ketika berdiri, droid itu tidak mampu menjaga bagian kepalanya pada sudut konsisten. Secara teoretis, kepalanya memiliki desain di mana ada bola kecil dengan mekanisme roda di dalamnya.

Sementara untuk bagian bola tubuhnya, terdapat sebuah tiang vertikal yang secara magnetik menempel pada bagian kepala BB-8. Karena droid ini memiliki kepala yang berisikan sebuah bola roda kecil, pusat massa droid ini akan berubah dan mengakibatkan gaya miring saat bergerak. 

Begitulah cara BB-8 bergerak, di mana 'alas'nya bergerak sebelum kepalanya mulai melaju ke depan.


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image