Ilmuwan Tiongkok Ciptakan Senapan Laser ala Star Wars

Ilmuwan Tiongkok Ciptakan Senapan Laser ala Star Wars

Tiongkok memang dikenal sebagai negara yang piawai menciptakan terobosan teknologi canggih, mulai dari teknologi yang mendukung misi eksplorasi antariksa hingga teknologi persenjataan militer. 

Bahkan, Negeri Tirai Bambu tersebut dikabarkan mampu menciptakan sebuah senjata berupa senapan yang bisa mengeluarkan laser seperti di film Star Wars.

Menariknya, senapan tersebut mampu mengeluarkan laser yang nyaris tak terlihat oleh mata telanjang manusia. Yang menjadi risiko, senapan ini bisa mematikan target yang berada dalam jarak beberapa mil dalam hitungan detik.

Seperti dilansir Tech Times, Kamis (14/1/2016), senapan itu dirakit oleh sekelompok ilmuwan Chinese Academy of Sciences' Institute of Physics yang dipimpin oleh Professor Zhi-Yuan Li. 

Dalam proses pembuatannya, Yuan Li dan timnya mengurangi ukuran dan mekanisme yang bisa menghasilkan laser berfrekuensi tinggi dengan menggunakan perangkat portable. Perangkat tersebut bisa dipasang di tank, pesawat dengan mudah oleh para tentara. 


Senapan itu dirakit oleh sekelompok ilmuwan Chinese Academy of Sciences' Institute of Physics yang dipimpin oleh Professor Zhi-Yuan Li.

"Ini merupakan pencapaian yang begitu luar biasa. Belum pernah ada yang bisa menciptakan senjata dengan laser berfrekuensi tinggi yang mana memanfaatkan perangkat kecil sebelumnya," tutur Yuan Li.

Diketahui, teknologi laser yang bisa disematkan di sistem persenjataan rupanya diprediksi bakal menjadi sebuah 'tren' bagi negara maju seperti Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Bahkan, Departemen Pertahanan AS pun sudah mulai menguji senjata laser ala Star Wars tersebut.

Hal tersebut sebetulnya sudah tercetus sejak 30 tahun yang lalu lewat pidato presiden AS Ronald Reagan pada saat itu. Di pernyataannya, Reagan mengusulkan AS agar membangun sistem pertahanan yang lebih kuat dan inovatif. Salah satunya adalah dengan menciptakan 'senjata' sinar laser X dari satelit yang berada di orbit terdekat dengan Bumi.

Inilah yang menjadi 'inspirasi' bagi Tiongkok dalam menciptakan sistem persenjataan mutakhir dengan teknologi laser. Sebelum penemuan senjata Star Wars yang diciptakan Yuan Li, sebelumnya pemerintahan Tiongkok diketahui sudah memberikan tugas Akademi Rekayasa Fisika dan Jiuyuan Hi-Tech Equipment Corporation untuk menciptakan senjata laser.
 


Ditayangkan sebelumnya dari situs liputan6
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait