Kabardewata.com

Teknologi

Ilmuwan Bikin Aplikasi Pendeteksi Tweet Palsu

Kategori Teknologi, March 19, 2014, Dilihat sebanyak 106 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Twitter memang sudah menjadi salah satu media penyebaran informasi yang cukup ampuh, tapi sayangnya tak semua berita yang disampaikan itu adalah benar. Untuk menyiasati hal itu, sebuah tim kecil ilmuwan Eropa tengah mengembangkan aplikasi pendeteksi kebohongan tweet seseorang. Aplikasi ini diharapkan bisa meredam informasi palsu sebelum menyebar ke banyak orang.

Lalu bagaimana cara aplikasi bernama Pheme itu bisa mendeteksi tweet palsu?
Pheme akan secara otomatis mendeteksi sumber berita yang disebarkan. Kemudian aplikasi ini akan melakukan analisa percapakan yang terkait tweet tersebut. Aplikasi ini juga akan mampu menganalisa bahasa yang digunakan. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui apakah bahasa yang digunakan itu mengandung sensasional belaka, atau memang memiliki emosi di dalamnya.

Untuk menyempurnakan aplikasi tersebut para ilmuwan juga membuatnya bisa mengenali rumor apa saja yang pernah terjadi. Data ini kemudian akan dijadikan acuan jika ada kabar serupa yang tengah beredar. Belum diketahui secara pasti kapan aplikasi tersebut bisa dipakai, namun ilmuwan yang berasal dari 5 universitas dan 4 perusahaan berbeda itu masih terus ingin menyempurnakannya.

sumber: inet.detik

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image