Kabardewata.com

Teknologi

GoTenna Memungkinkan Anda Mengirim SMS dan Lokasi Ketika Tidak Mendapat Sinyal

Kategori Teknologi, March 04, 2016, Dilihat sebanyak 149 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Salah satu yang utama dari ponsel adalah kemampuannya menangkap sinyal untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain. Namun bagaimana jika sebuah perangkat telekomunikasi dapat mengirim pesan singkat dan mengirim lokasi di mana Anda berada tanpa sinyal seluler? Ya, kini ada perangkat yang dapat memungkinkan hal tersebut.

Katakanlah jika Anda sedang mendaki, bekemah, atau bermain ski, pasti ponsel Anda tidak mendapatkan sinyal karena memang sinyal seluler belum merambah tempat-tempat ekstrim. Dengan GoTenna kini Anda tidak perlu khawatir lagi, karena perangkat ini mampu membuat sambungan radio langsung dengan perangkat GoTenna lainnya sejauh 4 mil atau sekitar 6,5 km. Dengan begitu, perangkat ini mampu mengirimkan pesan singkat dan membagikan lokasi GPS dengan keluarga atau teman.

Saat ini harga perangkat tersebut $200 sepasang atau sekitar Rp2,6 juta dan sering dipasangkan di jaket atau di ransel dan carrier. GoTenna terhubung melalui koneksi Bluetooth dengan smartphone Android dan iPhone, dengan aplikasi. Aplikasi khusus ini juga memungkinkan smartphone menerima dan mengirim data ketika antena dipanjangkan 15 hingga 20 sentimeter. Baterainya dapat diisi ulang dan dapat bertahan hampir 24 jam, setara dengan mampu mengirim 700 pesan teks.

Seorang wartawan dari Wall Street Journal yang menguji GoTenna di sekitar San Francisco dan beberapa pinggiran California menemukan hasil yang beragam. Wartawan mendapati teknologi radio perangkat memiliki beberapa keterbatasan jangkauan di medan berbatu atau kasar, tetapi kemudian harus semacam mempertimbangkan kembali mengapa orang akan menggunakan perangkat ini.

Perangkat ini tidak dimaksudkan untuk memperbaiki layanan seluler. Ini hanya dimaksudkan untuk menawarkan pengguna cara mengirim SMS atau berbagi lokasi mereka di daerah yang terpencil di mana belum dijangkau oleh sinyal seluler. Karena perangkat ini bekerja berpasangan, ini juga memungkinkan mode Shout, yang mana pesan pengguna dapat didengar atau diterima oleh pengguna GoTenna lain yang kebetulan mendengarkan pada saat itu.


Sumber: Berita Teknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image