Google Perkenalkan Aplikasi Video Calling Bernama “Duo”, Andalkan Fitur Enskripsi End-to-End

Google Perkenalkan Aplikasi Video Calling Bernama “Duo”, Andalkan Fitur Enskripsi End-to-End

Raksasa mesin pencari Google, baru saja memperkenalkan layanan terbarunya yang bernama Duo. Layanan ini berupa aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dan sebagai pendamping untuk aplikasi perpesanan Allo yang juga diperkenalkan pada konferensi I/O 2016.

Aplikasi Duo memiliki kemampuan enskripsi end-to-end yang membuatnya sangat aman, setidaknya itu yang dikatakan manajer teknik Google, Erik Kay. Seperti yang diketahui, enskripsi end-to-end juga digunakan oleh layanan WhatsApp. Namun ada satu fitur yang membuat Duo lebih unggul dibandingkan dengan layanan video calling lain, seperti Facebook Messenger, Skype, bahkan Hangouts adalah fitur baru yang disebut dengan Knock Knock (mengetuk).

Ini adalah “live video stream dari pemanggil bahkan sebelum Anda mengangkatnya” kata Kay. “Anda tidak hanya bisa melihat siapa yang memanggil, tapi apa yang mereka lakukan dan mengapa mereka menelefon. Senyum, pantai, dan kelahiran bayi semua bisa menarik Anda ke momen itu, membuat panggilan terasa spontan dan alami,” lanjut Kay.

Seperti layanan video calling milik Hangout, video calling Duo juga menggunakan WebRTC. Aplikasi Duo bergantung pada protokol milik Google yang cukup baru bernama QUIC (quick UDP Internet connections), dan Duo dapat melakukan pergantian koneksi antara jaringan seluler dan WiFi dengan mudah.

Namun Duo tidak mendukung panggilan video lebih dari dua perangkat dan aplikasi ini akan tersedia untuk iOS dan Android pada pertengahan tahun 2016.


Ditayangkan sebelumnya dari situs BeritaTeknologi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait