Kabardewata.com

Teknologi

Menulis dan Mengedit Dokumen di Google Docs kini Cukup Dilakukan dengan Suara Lho!

Kategori Teknologi, March 06, 2016, Dilihat sebanyak 107 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Para pengguna layanan dokumen online milik Google, yakni Google Docs kini semakin dimanjakan. Dalam fitur terbaru yang diluncurkan Google, mengetik ataupun mengedit dokumen di Google Docs pun tak perlu membutuhkan keberadaan keyboard, baik keyboard fisik ataupun digital. Cukup dengan suara, maka dokumen sudah bisa diedit ataupun dibuat.

Untuk memanfaatkan fitur terbaru dari Google Docs ini pun cukup mudah. Pertama, tinggal menuju ke seksi Tool dan di situ akan terdapat opsi Voice Typing. Dan fitur ini untuk sementara hanya bisa digunakan untuk perangkat desktop. Pihak Google masih belum menyediakan fitur keren yang satu ini untuk para pengguna perangkat mobile. Selain itu, fitur ini hanya disediakan Google untuk para pengguna Chrome.

Selanjutnya, untuk mengubah dokumen, pengguna Google Docs pun selanjutnya tinggal menggunakan berbagai jenis perintah suara. Perintah suara pun harus diucapkan dengan pelafalan yang jelas. Menariknya, fitur Voice Typing di Google Docs ini tak hanya bekerja untuk perintah suara berbahasa Inggris. Fitur ini juga mendukung bahasa lainnya, termasuk di antaranya adalah bahasa Indonesia.

Perintah suara yang bisa digunakan untuk menjalankan fitur Voice Typing di Google Docs ini pun bisa dijumpai pada bagian Google Help Center. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba fitur baru dari layanan online milik Google ini?


Sumber: Beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image