Kabardewata.com

Teknologi

Detak Jantung kini Ternyata Bisa Diukur secara Wireless Lho!

Kategori Teknologi, January 22, 2016, Dilihat sebanyak 146 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Teknologi kini terus berkembang. Terlebih lagi aplikasi dari teknologi wireless. Sebuah penemuan terbaru pun kini memungkinkan untuk pengukuran detak jantung seorang pasien yang dilakukan tanpa menggunakan kabel, alias wireless.

Teknologi ini dikembangkan oleh sekelompok peneliti yang berasal dari Universitas Kyoto di Jepang. Seperti dikutip dari Wired, teknologi ini diklaim mempunyai tingkat akurasi yang setara dengan elektrocardiograf. Selain itu, teknologi ini juga dijalankan secara real time.

Untuk bisa mengukur detak jantung secara wireless, para peneliti pun memanfaatkan sebuah sensor khusus yang mampu menangkap sebaran spektrum serta algoritma analisis sinyal yang bisa mengidentifikasi sinyal dari tubuh. Dan sensor ini pun sebenarnya tak hanya mampu merekam data detak jauntung, namun juga bisa memunculkan data lain seperti gerakan tubuh ataupun napas. 


Stetoskop, alat pengukur detak jantung konvensional yang masih digunakan hingga sekarang.

Kehadiran teknologi ini pun diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi mereka yang terbiasa memakai perangkat pengukur detak jantung. Seperti diketahui, alat pengukur detak jantung yang saat ini banyak digunakan baik itu stetoskop, fitness tracker dan lain-lain mengharuskan kontak secara langsung dengan tubuh. Dan terkadang hal ini bisa cukup merepotkan.

Teknologi seperti ini pun bukanlah yang pertama kalinya terungkap. Sebelumnya, MIT telah mengungkapkan keberadaan sensor yang mempunyai fungsi tak jauh berbeda. Pertama adalah sebuah mikrofon yang mampu mengirim gelombang suara ke sensor eksternal. Selanjutnya, ada pula sebuah smartphone yang telah tersemat sensor accelerometer untuk yang memungkinkan perekaman data berupa detak jantung.


Sumber: beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image